Vitamin Untuk Kesehatan Kulit

 

Kulit yang sehat juga sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari, di samping perawatan pada kulit itu sendiri. Vitamin untuk kesehatan kulit bisa bersumber dari makanan atau pun dalam bentuk suplemen. Berikut ini diuraikan beberapa vitamin yang berpengaruh langsung pada kesehatan kulit Anda.

Vitamin yang Penting untuk Kesehatan Kulit

Vitamin E

Vitamin E selalu direkomendasikan sebagai salah satu vitamin untuk kesehatan kulit. Peran utama vitamin dalam tubuh manusia adalah bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan adalah vitamin dan nutrisi lain yang mencegah molekul radikal bebas yang berpotensi merusak sel.

Pada orang dewasa membutuhkan vitamin E sekitar 15 mg per hari dengan meningkatkan konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin E, misalnya kacang dan biji-bijian, seperti almond dan biji bunga matahari; mengkonsumsi suplemen vitamin E; serta penggunaan produk oles yang mengandung vitamin E.

Vitamin C

Kekurangan vitamin C akan menyebabkan kerusakan kolagen di seluruh tubuh. Serat kolagen yang terletak di dalam dermis, yaitu lapisan kulit terdalam; yang menyebabkan kulit menjadi kenyal dan elastis. Vitamin C dibutuhkan sebagai kofaktor bagi tubuh untuk membuat serat kolagen baru. Kebutuhan vitamin C masing-masing orang biasanya  sekitar 1000 mg per hari.

Vitamin A

Vitamin A lebih banyak dikenal sebagai vitamin untuk menjaga mata tetap sehat. Namun kekurangan vitamin A akut, disamping berpengaruh buruk pada mata juga menimbulkan benjolan merah pada kulit. Vitamin A juga telah dipergunakan untuk mengobati jerawat dan kondisi kelainan pada kulit lainnya.

Vitamin K

Vitamin untuk kesehatan kulit yang juga penting adalah vitamin K. Vitamin K memiliki manfaat membantu berbagai kondisi kulit seperti bekas luka, bercak kehitaman, dan memudarkan lingkaran hitam di bawah mata. Di samping itu juga sangat penting dalam proses pembekuan darah untuk penyembuhan luka dan memar.

Untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, mengurangi pembengkakan dan memar, misalnya pada pasien yang baru menjalani operasi; dokter biasanya meresepkan krim vitamin K yang dioles pada area luka.

Kebutuhan vitamin K masing-masing orang sekitar 90-120 mg per hari.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *