Tips untuk Berhenti Mendengkur

 

Mendengkur biasanya terkait dengan aspek gaya hidup seseorang. Diperkirakan hampir separuh populasi orang dewasa mendengkur. Namun demikian upaya-upaya untuk berhenti mendengkur bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tips untuk berhenti mendengkur yang efektif dan mudah dilakukan.

Langkah-langkah praktis untuk berhenti mendengkur diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Makan-makanan yang sehat. Makan sehat dengan gizi seimbang sangat membantu berhenti mendengkur. Bahkan menjadi sedikit kelebihan berat badan dapat meningkatkan kemungkinan mendengkur. Ada penumpukan jaringan lemak di seluruh tubuh saat kelebihan berat badan. Jika ini menumpuk di area leher, itu dapat memiliki dampak negatif pada jalan napas, yang menghentikan udara mengalir masuk dan keluar seperti yang dimaksudkan.
  • Ubah posisi tidur. Posisi tidur terbaik untuk meminimalkan mendengkur ada di pihak Anda. Jika tidur terlentang, ada risiko jaringan berlebih berlebih, dagu, dan lidah Anda menekan jalan napas. Masalah ini dihapus dengan hanya tidur di sisi Anda. Juga, ada bantal khusus untuk membantu mencapai posisi tidur yang diinginkan. Selain itu, ada opsi untuk menempelkan bola tenis atau mirip dengan bagian belakang pakaian tidur Anda untuk mencegah tidur rata di punggung Anda.
  • Menjaga hidung tetap bersih. Hidung yang bersih memudahkan bernafas melalui hidung pada saat tidur. Semprotan hidung atau tablet antihistamin adalah obat yang berguna untuk mengobati hidung tersumbat.
  • Kurangi konsumsi alkohol sebelum tidur. Minum alkohol sesaat sebelum tidur dapat menyebabkan otot rileks. Konsekuensi dari ini adalah tenggorokan luruh di bagian belakang saat bernafas, yang meningkatkan kemungkinan mendengkur.
  • Berhenti merokok. Merokok cenderung menyebabkan iritasi pada lapisan hidung dan tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lendir dan pembengkakan. Karena peradangan, aliran udara berkurang, yang berarti kemungkinan mendengkur meningkat.
  • Ganti tempat tidur. Menumpuknya alergen di kamar dapat meningkatkan risiko mendengkur. Untuk alasan ini akan bermanfaat untuk tidak hanya mengganti seprai secara teratur, tetapi juga mengganti bantal.
  • Jangan biarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur. Bulu-bulu binatang yang menempel di tempat tidur berpotensi mengganggu pernafasan dan meningkatkan kemungkinan mendengkur.
  • Cukup minum air putih untuk menghindari dehidrasi.  Minum banyak air dapat menghindari masalah dengan sekresi di langit-langit lunak dan hidung menjadi kering dan lengket, yang dapat menyebabkan lebih banyak episode mendengkur.

Demikianlah artikel tentang tips untuk berhenti mendengkur. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *