Tips Tetap Sehat di Usia Tua

 

Pada usia tua, fungsi-fungsi organ tubuh serta sistem imun mulai menurun. Adalah sesuatu yang wajar jika semakin tua usia seseorang akan semakin banyak keluhan kesehatan. Tips-tips berikut penting untuk tetap sehat di usia tua: agar tetap sehat dan bugar serta jarang mengalami keluhan kesehatan.

9 Tips Tetap Sehat di Usia Tua

Berikut ini adalah 9 tips untuk tetap sehat meskipun usia sudah beranjak tua:

1. Perhatikan makanan

Konsumsi makanan padat nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan manis, asin, dan makanan kemasan atau olahan. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kebutuhan diet yang berbeda, ikuti saran dokter Anda mengenai batasan diet. Realita dewasa ini adalah mayoritas orang orang tua mengkonsumsi natrium lebih dari dua kali lipat daripada yang direkomendasikan. hal ini dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Sebagian besar asupan natrium ini berasal dari makanan kemasan.

2. Tetap aktif bergerak.

Salah  satu cara untuk tetap aktif bergerak adalah rutin berolahraga. Bukan alasan, usia tua menjadi malas berolahraga. Tetap aktif bergerak adalah salah satu cara untuk menjaga untuk kesehatan fisik dan mental serta dapat mencegah timbulnya kondisi kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, depresi, dll.

3. Cukup tidur yang berkualitas.

Orang tua membutuhkan tidur sebagaimana orang dewasa lainnya: 7-9 jam per hari. Kurang tidur dapat menyebabkan depresi, lekas marah, serta memori terganggu. Cara untuk meningkatkan kualitas tidur untuk usia tua adalah buat jadwal tidur yang teratur, matikan lampu pada saat tidur, hindarkan kamar tidur dari kebisingan serta usahakan tidak minum kopi di malam hari.

4. Bangun hubungan sosial.

Kebanyakan orang tua yang hidup sendiri akan merasakan kesepian yang berat serta mengalami isolasi sosial. Salah satu cara tetap sehat di usia tua adalah tetap menjalin hubungan dengan keluarga dan teman sebaya. Jadwalkan waktu untuk bertemu teman dan keluarga sambil minum teh atau makan bersama setidaknya seminggu sekali. Bisa juga melakukan kegiatan lainnya dengan teman sebaya yang hobinya sama.

5. Pertahankan fungsi otak.

Jangan pernah berhenti belajar agar fungsi otak tetap aktif, misalnya dengan membaca buku atau belajar mengembangkan hobi. Otak yang tetap berfungsi aktif akan memperlambat penurunan fungsi kognitif.

6. Kendalikan stres.

Stres tidak bisa sepenuhnya dihindari, namun bisa dikendalikan. Cara untuk untuk mengendalikan stres adalah tidur yang cukup, olahraga teratur, tetap aktif menjalin hubungan sosial serta rajin beribadah kepada Tuhan. Selalu berfikir positif dan tetap bersuka cita bisa juga mengendalikan stres.

7. Cek kesehatan secara teratur.

Dengan melakukan cek kesehatan secara teratur, jika terjadi gangguan kesehatan akan terdeteksi lebih dini sehingga bisa dilakukan penanganan dan pencegahan lebih baik.

8. Bila perlu, konsumsi suplemen multivitamin

Kandungan gizi makanan sehari-hari biasanya kurang mencukupi kebutuhan gizi di usia tua, untuk itu perlu ditambahkan suplemen multivitamin. Khusus untuk perempuan di usia tua supaya dipastikan mengkonsumsi cukup vitamin D dan kalsium untuk menjaga tulang tetap kuat; vitamin B12, asam lemak omega 3, serta asam folat. Alangkah baiknya jika sebelum mengkonsumsi suplemen multivitamin berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis.

9. Simpan informasi penting.

Tips terakhir untuk tetap sehat di usia tua adalah selalu simpan informasi-informasi atau instruksi tentang penanganan darurat medis dan nomor telepon penting ditempat yang gampang terjangkau. Hal ini sebagai tindakan berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *