Tips Kesehatan Gigi yang Harus Diketahui

 

Tips kesehatan gigi yang paling utama adalah bagaimana menjaga gigi tetap bersih. Untuk itu perlu menerapkan teknik yang tepat dalam menyikat gigi dan flossing. Selain itu, harus menghindari konsumsi makanan tertentu yang memicu terjadinya gigi berlubang dan menyebabkan kerusakan gigi. Pastikan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk profilaksis profesional dan kiat ahli yang dapat membantu mencapai kesehatan gigi yang optimal.

Beberapa Tips Kesehatan Gigi

tips kesehatan gigiBerikut ini adalah beberapa tips kesehatan gigi yang harus diketahui untuk menjaga gigi tetap sehat:

Menyikat gigi dengan benar.

Sangat penting bagi Anda untuk menyikat gigi dengan benar, selama sekitar dua menit. Jangan terburu-buru saat menyikat, dan pastikan menggunakan sikat gigi yang tepat. Boleh juga dipertimbangkan menggunakan sikat gigi elektrik, terutama ketika seseorang menderita radang sendi, jari-jari sakit, atau kondisi kesehatan lainnya yang menghambat menyikat secara efisien.

Jadikan titik untuk mempraktikkan teknik yang tepat dalam menyikat, yaitu menyikat gigi dengan gerakan pendek dan tepat. Sikat semua permukaan gigi, terutama permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Hindari menggosok dengan kuat untuk mencegah iritasi atau pendarahan gusi.

Setelah menyikat, bersihkan sikat gigi dengan membilasnya dengan air. Sebaiknya sikat gigi dikeringkan sebelum menyimpannya dalam posisi tegak. Hal itu akan mencegah pertumbuhan bakteri, dan memastikan kondisi sikat gigi tetap baik.Setiap tiga bulan sekali sikat gigi harus diganti dengan yang baru.

Flossing.

Tips kesehatan gigi berikutnya adalah flossing. Flossing diperlukan karena sikat gigi tidak dapat menjangkau ruang yang sempit di antara gigi. Ambil 45 cm benang gigi, gulung di sekitar jari tengah; sisakan sekitar 3 cm untuk membersihkan gigi. Benang gigi satu demi satu, dan pastikan menggosok benang gigi ke semua sisi setiap gigi.

Dapat juga menggunakan floss holder atau pick gigi ketika kesulitan menggunakan benang gigi biasa. Beberapa dokter gigi merekomendasikan penggunaan obat kumur antimikroba yang dapat membantu meminimalkan penumpukan karang gigi, plak, dan bakteri. Bilas mulut juga mengurangi risiko penyakit gusi, kerusakan gigi, dan bau mulut.

Kunjugi dokter gigi secara teratur.

Menyikat gigi dan flossing secara teratur dapat membantu mencapai kesehatan gigi yang baik. Namun, di samping itu juga harus mengunjungi dokter gigi secara teratur. Dokter gigi dapat memeriksa kondisi kesehatan gigi secara keseluruhan.

Ketika dokter gigi mendeteksi tanda-tanda awal masalah kesehatan gigi dan mulut, perawatan segera yang dapat mencegah masalah gigi serius. Selain itu, dapat pula dipastikan kesehatan gigi yang sempurna ketika.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *