Tips Hidup Sehat bagi Lansia

 

Proses menua dan menjadi lansia adalah tahapan hidup yang akan dilalui setiap orang. Kondisi lansia sendiri adalah proses alami yang disertai adanya penurunan kondisi fisik serta psikologis. Tanpa persiapan yang baik, kondisi ini akan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan secara umum maupun kesehatan jiwa secara khusus pada lansia. Dengan tips hidup sehat diharapkan para lansia tetap dapat aktif beraktivitas serta terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. 

Beberapa Tips Hidup Sehat bagi Lansia

Berikut ini beberapa tips hidup sehat bagi lansia supaya kualitas hidupnya tetap terjamin:

  1. Berhenti merokok. Salah satu tips hidup sehat yang sangat penting adalah berhenti merokok. Langkah ini sangat penting ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Merokok berpotensi menyebabkan kanker, stroke, gagal jantung serta disfungsi ereksi pada pria.
  2. Tetap aktif. Tetap aktif dengan menjaga kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas akan membuat tubuh tetap bugar serta meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas fisik akan membantu mempertahankan berat badan yang ideal, mencegah atau mengendalikan penyakit, meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi stres.
  3. Makan dengan dengan gizi seimbang. Makan makanan gizi seimbang akan membantu lansia tetap sehat. Banyak penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan osteoporosis; dapat dicegah atau dikendalikan dengan perubahan pola makan dan olahraga.
  4. Pertahankan berat badan yang ideal. Berat badan yang berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Cara menjaga berat badan ideal adalah dengan makan makanan dengan gizi seimbang serta tetap aktif berolahraga. Kurangi makanan dan minuman manis.
  5. Hindari jatuh. Seiring bertambahnya usia, setiap lansia rentan jatuh . Jauhkan jalur dari kabel listrik dan kekacauan, dan gunakan lampu malam di lorong dan kamar mandi. Kenakan sepatu dengan dukungan yang baik untuk mengurangi risiko jatuh.
  6. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyakit yang serius. Pada usia 50, wanita harus mulai skrining mamografi untuk kanker payudara. Pria dapat diperiksa untuk kanker prostat. Kunjungi dokter untuk pemeriksaan dini dan petunjuk pencegahannya.
  7. Lindungi kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit tumbuh lebih tipis; lebih kering dan kurang elastis. Kerutan kulit muncul, dan luka serta memar membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Pastikan untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Terlalu banyak terpapar sinar matahari dan sinar ultraviolet dapat menyebabkan kanker kulit.
  8. Memeriksa gigi secara teratur. Gigi dan gusi akan bertahan jika dirawat dengan benar. Ini bisa dilakukan dengan tetap menjaga gigi tetap bersih dan sehat serta mendapatkan pemeriksaan gigi secara teratur.
  9. Memeriksa mata secara teratur. Pada usia 50, kebanyakan orang mengalami perubahan pada mata mereka. Termasuk penurunan bertahap dalam kemampuan untuk melihat. Masalah mata umum yang dialami oleh lansia adalah katarak dan glaukoma.
  10. Memeriksa pendengaran secara teratur. Gangguan pendengaran biasanya terjadi pada usia lanjut, sering karena paparan kebisingan keras.
  11. Kelola stres. Untuk mengelola stres bisa dicoba berbagai teknik relaksasi, meditasi atau yoga. Di samping itu juga selalu berfikir positif, luangkan waktu untuk kontak sosial dan kesenangan atau hobi.

Demikianlah artikel tentang tips hidup sehat bagi lansia. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *