Perawatan Kulit Kering

 

Kulit kering dapat menyebabkan pecahnya lapisan kulit bagian atas. Penyebab utama kulit kering meliputi: iklim kering, perubahan hormon, terlalu banyak pengelupasan kulit dan perawatan kelainan kulit lainnya. Selain itu, kekeringan bisa menjadi sifat alami kulit seseorang. Apa pun penyebabnya, perawatan kulit kering sangat penting meskipun tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kategori Perawatan Kulit Kering

Pelembab adalah obat paling efektif untuk kulit kering. Umumnya pelembab diklasifikasikan dalam 2 kategori berdasarkan cara melakukan perawatan:

  • Kategori pertama termasuk pelembab yang menjaga kelembaban di dalam kulit. Pelembab ini harganya relatif murah.
  • Kategori kedua meliputi pelembab yang berfungsi dengan menarik kelembaban dari lingkungan dan memasoknya ke kulit. Ini adalah cara yang sangat efektif dalam kondisi lembab. Untuk perawatan yang tepat, gunakan pelembab yang tidak berminyak

Perawatan kulit kering bukan asal menggunakan pelembab tetapi juga cara menggunakannya secara benar. Yang terbaik adalah membersihkan kulit sebelum aplikasi pelembab. Akan lebih efektif dengan mengoleskan pelembab saat kulit dalam kondisi masih lembab. Pastikan juga Anda menggunakan produk bebas sabun.

Pengelupasan kulit memang membantu karena dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun, jangan terkelupas terlalu keras. Prosedurnya harus menjaga perlindungan terhadap sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari yang terlalu banyak dan terlalu langsung. Gunakan lotion tabir surya yang baik sebelum pergi. Banyak pelembab memberikan perlindungan matahari.

Kita menggunakan produk alami untuk perawatan yaitu produk  yang tidak menggunakan bahan kimia sintetis. Produk ini memasok peningkatan lipid ke kulit, sehingga memungkinkan retensi kelembaban di dalam kulit. Hal lain yang penting adalah suhu air yang digunakan untuk mandi atau untuk mencuci wajah. Selalu pergunakan air hangat. Air yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan kulit kering.

Perawatan kulit kering juga tentang bersikap lembut dengan kulit Anda. Anda harus menghindari deterjen keras dan pembersih berbahan dasar alkohol. Juga, setelah mencuci muka, jangan menggosok handuk di wajah, cukup tepuk lembut untuk merendam air.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *