Penyebab Mata Silinder dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab mata silinder sebagian besar karena kondisi kelengkungan yang tidak sempurna pada kornea atau lensa mata. Biasanya, kondisi ini bawaan sejak lahir. Penyebab lainnya adalah kondisi keratoconus yang merupakan gangguan kesehatan yang membuat kornea semakin menipis dan berbentuk menjadi lebih kerucut. Namun keratoconus ini sangat jarang terjadi.

penyebab mata silinderSeseorang yang memiliki kondisi mata silinder, kondisi matanya memiliki masalah fokus dengan benar. Cahaya tidak masuk ke lokasi pusat dan menunjukkan dengan visi yang jelas. Hal itu muncul dari berbagai sudut pandang: di depan dan di belakang retina.

Penyebab Mata Silinder berdasarkan Jenisnya

Secara lebih spesifik, penyebab mata silinder dapat digolongkan berdasarkan jenisnya. Ada beberapa jenis mata silinder, atau dalam istilah medis disebut sebagai astigmatisma;  diantaranya adalah astigmatisma rabun, astigmatisma hiperopik, dan astigmatisma campuran. Seperti rabun jauh, astigmatisma rabun mempengaruhi meridian mata dalam cara rabun jauh. Ini untuk menyatakan bahwa cahaya dibawa ke fokus di depan retina. Astigmatisma hiperopik, seperti penglihatan jauh; mempengaruhi penglihatan dekat. Cahaya dibawa untuk fokus di belakang retina dengan satu atau kedua mata. Sedangkan astigmatisma campuran adalah kombinasi antara silinder rabun dengan hiperopik, di setiap mata.

Untuk mengetahui seseorang menderita astigmatisma atau tidak, biasanya orang akan melihat SPH (sphere). Nilai-nilai ini digunakan untuk mengetahui kebutuhan koreksi penglihatan. Namun, jika memiliki informasi tambahan di bawah bagian CYL (cylinder) dan axis; seseorang akan tahu bahwa orang tersebut memiliki astigmatisma atau mata silinder.

Mata silinder memungkinkan mengetahui koreksi untuk kesalahan bias astigmatik; dan nilai ditambahkan atau dikurangi secara silinder pada meridian tergantung pada kebutuhan. Axis memberi tahu di mana harus meletakkan silinder. Kedua nilai ini selalu bersatu; tidak mungkin untuk memiliki CYL pada resep tanpa axis.

Cara Mengatasinya Mata Silinder

Pada saat pengetesan mata dilakukan, biasanya dokter akan memberikan pemeriksaan astigmatisma juga. Ini akan menentukan apakah seseorang itu memerlukan lensa penglihatan tunggal, atau kacamata bifocal. Atau mungkin juga mengalami koreksi astigmatisma.

Mengoreksi mata silinder seharusnya tidak lebih mahal daripada menerima kacamata resep karena perubahan utama adalah penempatan lensa di dalam bingkai. Hanya jika seseorang memiliki mata silinder yang sangat tinggi maka harga kacamata juga lebih mahal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *