Penyebab Gigi Sensitif

 

Gigi sensitif adalah rasa sakit dan gigi ngilu saat menghadapi zat dan suhu tertentu. Gejala gigi sensitif yang paling umum adalah rasa sakit yang tiba-tiba ketika gigi terpapar dingin, manis, asam atau panas. Salah satu penyebab gigi sensitif karena tidak benar cara membersihkan gigi.

penyebab gigi sensitifPada gigi yang sehat, enamel melindungi lapisan dentin. Akar gigi dilindungi oleh gusi. Tetapi jika enamel terkikis atau jika garis gusi telah surut, maka dentin menjadi terbuka yang disebabkan karena gigi pecah, resesi gusi, enamel dan erosi akar gigi. Dentin terhubung ke saraf yang memicu rasa sakit pada gigi sensitif.

Dentin mengandung ribuan tubulus mikroskopis, yaitu saluran yang mengarah ke pulpa gigi. Ketika terkena unsur-unsur tersebut, tubulus dentin ini memungkinkan zat panas, dingin, asam atau bahkan lengket mencapai saraf di dalam gigi, dan menyebabkan rasa sakit dan gigi ngilu.

Apa saja penyebab gigi sensitif?

Beberapa faktor penyebab gigi sensitif lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menyikat terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang kasar. Ini dapat merusak enamel, menyebabkan dentin menjadi terbuka, atau mendorong resesi gusi.
  • Resesi gusi. Ini sering terjadi pada orang yang menderita penyakit periodontal, dan itu memperlihatkan dentin.
  • Radang gusi. Jaringan gusi yang meradang dan sakit dapat menyebabkan pangkal akar gigi.
  • Gigi pecah. Rongga pada gigi yang pecah akan terisi bakteri dari plak dan menyebabkan peradangan pada pulpa gigi. Dalam kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan abses dan infeksi.
  • Penggunaan obat kumur dalam jangka panjang. Beberapa obat kumur yang dijual bebas mengandung asam. Jika dentin terkena zat asam dapat membuat gigi sensitif yang ada menjadi lebih buruk dan juga merusak lapisan dentin. Ada obat kumur tanpa fluoride yang tersedia yang mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.
  • Makanan dan minuman yang terlalu asam.  Ini dapat mendorong pengurangan dan mengikis enamel pada gigi.
  • Prosedur gigi. Gigi mungkin sensitif setelah pembersihan profesional, perencanaan akar, penggantian mahkota dan prosedur restorasi gigi lainnya. Biasanya rasa sakit dan gigi ngilu akan hilang dalam empat hingga enam minggu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *