Pentingnya Perawatan Gigi Susu

 

Salah satu satu penyebab gigi berlubang pada anak adalah kesalahpahaman tentang pentingnya gigi susu dan cara perawatannya. Gigi susu, disebut juga gigi primer; adalah gigi manusia yang pertama kali berkembang dari tahap embrio dan  mulai tumbuh pada usia sekitar 3 bulan. Setelah anak berusia 2 tahun semua gigi susunya tumbuh. Pada saat anak berusia 3 bulan sampai 2 tahun adalah saat-saat pentingnya perawatan gigi susu dengan rutin membersihkan dan rutin pemeriksaan ke doter gigi.

Biasanya gigi susu akan tanggal ketika anak dalam rentang usia 6 tahun sampai 12 tahun.Karena biasanya semua gigi primer akan tanggal, orang tua menganggap gigi susu tidaklah penting. Pemikiran seperti ini berkontribusi pada prevalensi kerusakan gigi anak. Ketika anak-anak banyak mengkonsumsi makanan manis, sering tidur dengan botol susu dan tidak menggosok gigi secara teratur; maka plak, kuman, dan bakteri berkembang di sela-sela gigi.

perawatan gigi susuBagaimanapun juga gigi susu adalah penting karena membantu seorang anak untuk makan dan berbicara dengan benar dan jelas. Gigi susu juga membantu memastikan pertumbuhan dan kelurusan gigi permanen yang muncul di bawahnya. Gigi susu juga membantu rahang tumbuh dan menguat.

Akibat Kurangnya Perawatan Gigi Susu

Kurangnya perawatan gigi susu akan mengakibatkan kerusakan gigi susu, atau gigi susu berlubang. Ketika gigi susu menjadi rusak,akan menyebabkan hal-hal sebagai berikut:

  • Ekstraksi prematur. Ekstraksi prematur adalah kondisi ketika gigi susu harus dicabut atau tanggal sebelum waktunya karena kerusakan gigi yang luas. Jika ini terjadi maka akan menganggu kemampuan anak untuk berbicara dan makan. Celah yang tertinggal dapat menyebabkan gigi terdekatnya bergeser dan tumbuh dalam posisi tidak lurus. Dengan tiadanya gigi susu, perkembangan gigi permanen yang tumbuh akan bermasalah.
  • Penyakit gusi. Kondisi ini banyak disebabkan karena perawatan gigi dan gusi yang tidak tepat. Beberapa penyakit gusi, gingivitis; akan berpotensi berkembang menjadi bentuk periodontitis yang lebih parah. Pada tahap selanjutnya, gigi bisa hilang dan jaringan tulang rahang menjadi lemah dan terganggu.
  • Infeksi gigi permanen. Kerusakan gigi susu dapat menular ke dalam gigi permanen di bawahnya.

Perawatan Gigi Susu yang Tepat

Dianjurkan agar orang tua menggunakan waslap lembut dan lembab untuk menyeka gusi anak mereka setiap selesai makan. Ini dilakukan sebelum gigi susu tumbuh.Setelah gigi susu mulai tumbuh boleh disikat menggunakan sikat gigi khusus balita yang berbulu lembut. Boleh menggunakan pasta gigi anak.

Berlawanan dengan pendapat umum dewasa ini, gigi susu itu penting dan membutuhkan perhatian dan perawatan yang tepat. Ketika gigi susu tidak dirawat, kerusakan gigi anak dapat terjadi. Ini pada gilirannya dapat mempengaruhi gigi, gusi dan gigi permanen. Menyikat gigi beberapa kali sehari, flossing (menggunakn benang gigi) dan kunjungan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan adalah cara terbaik untuk merawat gigi primer.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *