Pentingnya Menjaga Kebersihan Mulut

 

Semua orang setuju tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut, karena berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kebersihan mulut yang buruk berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulut yang tidak bersih dan tidak terawat dengan baikbukan hanya menyebabkan penyakit pada gusi atau gigi; tetapi juga dapat menyebabkan keropos tulang, penyakit jantung, stroke, dan kondisi medis yang lebih serius.

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Mulut?

Pentingnya menjaga kebersihan mulut tidak bisa dipisahkan dengan cara menjaga kebersihan gigi.  Perawatan mulut yang baik dimulai dengan menyikat gigi, setidaknya dua kali sehari.  Sekali di pagi hari dan sekali lagi di malam hari menjelang tidur yang masing-masing selama dua menit. Pada saat menyikat gigi, jangan lupa untuk menyikat lidah karena bakteri di lidah juga sebanyak yang ada pada gigi.

Supaya kondisi gigi benar-benar bersih, sangat disarankan untuk dilakukan flossing. Flossing tidak hanya membuat partikel makanan keluar dari sela-sela gigi Anda, tetapi juga akan mengurangi jumlah bakteri yang menumpuk di sekitar gusi. Disamping itu flossing juga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

Sangat direkomendasikan juga untuk memiliki jadwal kunjungan rutin dengan dokter gigi atau ahli kesehatan gigi dan mulut. Pemeriksaan rutin setidaknya setiap enam bulan sekali untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi..

Alasan Pentingnya Menjaga Kebersihan Mulut

Alasan yang utama dan terpenting tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut adalah untuk mencegah kanker mulut. Kunjungan rutin dengan dokter gigi atau ahli kesehatan gigi dan mulut di samping untuk pembersihan gigi, juga memeriksa untuk gejala awal kanker mulut.

Selain untuk menjegah kanker mulut, juga mencegah infeksi yang menyerang gusi dan tulang di mulut. Studi terbaru mengaitkan serangan jantung dan stroke dengan infeksi gusi, sehingga pembersihan yang baik setiap 6 bulan juga akan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan stroke.

Halitosis, atau bau mulut, juga dapat dicegah dengan kebersihan mulut yang baik. Halitosis sering disebabkan oleh infeksi pada gusi dan gigi, atau oleh bakteri pada mulut yang kebersihannya tidak terjaga dengan baik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *