Pemeriksaan Kesehatan pada Bayi

 

Bagi seorang wanita yang baru melahirkan bayi pertamanya atau dia telah menjadi ibu sebelumnya, satu hal penting dalam kehidupan bayi yang baru lahir adalah seberapa baik ia merawat bayinya. Salah satu cara terbaik untuk memastikan bayi tetap sehat adalah melalui pemeriksaan kesehatan pada bayi secara rutin dan terjadwal pada dokter anak.

Pemeriksaan Kesehatan pada Bayi Sesaat Setelah Lahir

pemeriksaan kesehatan pada bayiSetelah bayi lahir dan keluarga telah meninggalkan rumah sakit untuk pulang. Kunjungan ke dokter kali pertama akan terjadi dalam dua minggu pertama kehidupan bayi. Ini adalah bagian dari pemeriksaan kesehatan: untuk memastikan bayi makan dengan baik. pemeriksaan dilakukan untuk memastikan berat badan bayi bertambah secara proporsional. Bayi akan ditimbang, dan diukur panjangnya/tingginya. Dokter anak  mungkin juga bertanya bagaimana bayi itu tidur dan makan.

Pada saat ini adalah kesempatan yang sempurna bagi ibu baru untuk membahas masalah atau masalah apa pun dengan dokter.

Pemeriksaan Bayi Setiap Dua atau Tiga Bulan Sekali

Setelah kunjungan pertama, dokter kemudian dapat menjadwalkan kunjungan tambahan setiap dua atau tiga bulan berikutnya. Ini untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi. Juga untuk membantu ibu dengan masalah medis seperti imunisasi, segala alergi yang mereka curigai mungkin terjadi pada bayi. Atau umumnya menjaga kesehatan  bayi secara keseluruhan.

Ibu baru sering memiliki banyak pertanyaan dan masalah. Kunjungan dokter semacam ini adalah cara yang baik untuk membantu meredakan ketakutan dan menjawab pertanyaan. Dokter akan terus mengukur pertumbuhan dan berat bayi, serta mendiskusikan  perkembangannya dengan ibu bayi.

Imunisasi Terjadwal

Banyak bayi menerima jadwal imunisasi mereka pada pemeriksaan bayi secara umum.  Penting untuk memastikan bayi mendapatkan imunisasi yang mereka butuhkan. Ini mungkin juga saat yang tepat bagi bayi untuk menerima suntikan flu selama musim dingin dan flu, serta mulai menjalin hubungan dengan dokter anak. Jika ada kelainan yang terjadi atau berkembang, kunjungan bayi yang sehat adalah cara yang baik untuk memantau situasi atau mencari solusi untuk masalah kecil sebelum menjadi lebih besar.

Pemeriksaan kesehatan pada bayi secara rutin adalah cara yang baik untuk memantau kemajuan dan perkembangan bayi: mulai dari kenaikan berat badan hingga tinggi badannya. Dokter juga dapat memeriksa refleks bayi, penglihatan, dan pendengaran untuk memastikan mereka berkembang dengan baik. Disamping itu  juga memeriksa kemampuannya untuk duduk tegak, merangkak, mulai berjalan, dan mulai berbicara. Perkembangan penting ini juga merupakan saat yang tepat bagi orang tua untuk mendiskusikan masalah dengan dokter mereka sehubungan dengan kelainan yang mereka sadari.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *