Obat Tiroid Herbal

 

Kelenjar tiroid sangat penting, namun masalah dengan tiroid dapat juga terjadi. Obat tiroid herbal biasanya sebagai pengganti resep obat medis yang mahal. Obat medis untuk kesehatan tiroid dibuat dari bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Bahan-bahan organik seperti makanan laut dan tanaman laut yang digunakan dalam suplemen adalah obat tiroid herbal yang tidak memiliki efek samping.

Apa fungsi kelenjar tiroid?

Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk memproduksi hormon tiroid. Hormon adalah zat kimia yang dikeluarkan oleh kelenjar di seluruh tubuh dan memberi tahu bagian tubuh tertentu apa yang harus dilakukan. Hormon tiroid sebagian besar bertanggung jawab untuk metabolisme tubuh dan menjaga fungsi tubuh secara normal.

Kelenjar tiroid menghasilkan dua hormon utama:

  • Triiodothyronine – juga disebut sebagai T3
  • Tiroksin – juga disebut sebagai T4

Angka 3 dan 4 tersebut berhubungan langsung dengan jumlah molekul yodium yang digunakan untuk membuat hormon ini. Ini dijelaskan di bawah ini.

Bagaimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon dan hormon apa yang dihasilkan kelenjar tiroid? Sel-sel tiroid adalah satu-satunya sel dalam tubuh yang mampu menyerap yodium. Yodium adalah mineral yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, beberapa makanan laut, garam, dan produk susu.

Sangat penting dalam penciptaan hormon tiroid. Ketika sejumlah tertentu molekul yodium bergabung dengan tirosin, yaitu asam amino yang digunakan oleh sel untuk membangun protein. Tirosin dapat membentuk triiodothyronine atau tiroksin. Begitulah cara T3 dan T4 diturunkan. Tiga molekul yodium akan menciptakan triiodothyronine; empat molekul yodium akan menciptakan tiroksin.

Beberapa Obat Tiroid Herbal

Berkat obat tirod herbal dan suplemen alami, sekarang mungkin untuk mengobati gangguan tiroid secara efektif dengan metode non-hormon alami. Berikut ini adalah beberapa obat herbal tiroid:

  • Brokoli. Brokoli (Brassica oleracea var. italica) dipercaya efektif mencegah tiroid supaya tidak memproduksi hormon terlalu banyak.
  • Rumput laut. Rumput laut adalah sumber yodium alami yang sangat penting untuk kesehatan tiroid.
  • Lemon Balm (Melissa officinalis). Lemon balm dipercaya mampu menormalkan tiroid yang terlalu aktif dengan cara menurunkan kadar Thyroid Stimulating Hormone (TSH). Lemon balm juga mampu memblokir aktivitas antibodi yang merangsang kelenjar tiroid.
  • Buah beri.  Buah ini banyak mengandung antioksidan yang mampu membantu mengurangi perdangan pada kelenjar tiroid.
  • Makanan lain yang banyak megandung yodium. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung yodium maka kelenjar tiroid akan kembali normal. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung yodium dan dapat digunakan sebagai obat tiroid herbal adalah garam beryodium, rumput laut, serta ikan asin.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *