Obat Herbal Radang Tenggorokan

 

Semua orang pernah mengalami sakit radang tenggorokan. Sakit radang tenggorokan ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan jika digunakan untuk menelan> Sebagian besar radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus. Meskipun cukup mengganggu, kebanyakan sakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mempercepat penyembuhan, penderita bisa mendatangi dokter untuk mendapatkan perawatan medis, atau bisa juga dengan obat herbal radang tenggorokan yang bahannya banyak terdapat di lingkungan rumah kita.

Beberapa Obat Herbal Radang Tenggorokan

Berikut ini adalah beberapa obat herbal radang tenggorokan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah:

1. Berkumur-kumur dengan air garam. Campurkan 1 sdt garam ke dalam 1 gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur-kumur. Air garam bersifat antioksidan, dipercaya mampu membunuh bakteri atau virus penyebab radang tenggorokan.

2. Hindari dehidrasi. Dengan cukup minum akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Salah satu yang membuat radang tenggorokan semakin parah adalah kondisi tenggorokan yang cenderung kering. Ini merupakan akibat tubuh mengalami dehidrasi, sehingga mulut kurang menghasilkan air liur yang membuat tenggorokan tetap lembap.

3. Teh lemon + madu. Buat segelas teh lemon hangat, tambahkan 1-3 sdm madu; minum selagi hangat. Teh lemon hangat akan membantu melarutkan lendir serta melemaskan otot-otot tenggorokan. Lemon juga kaya vitamin C yang ditambahkan madu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.

4. Berkumur dengan air kunyit. Campurkan ½ sdm kunyit bubuk dan ½ sdt garam ke dalam secangkir air hangat. Gunakan berkumur-kumur selama beberapa detik, ulangi beberapa kali dalam sehari.

5. Susu hangat + kunyit. Susu hangat yang ditambahkan ½ sdm kunyit bubuk dipercaya efektif melawan infeksi dan penyakit karena lemahnya sistem kekebalan tubuh, termasuk sakit radang tenggorokan.

6. Kayu manis + madu. Siapkan 1 (satu) gelas air panas, tambahkan 1 sdt bubuk kayu manis dan 2 sdm madu. Pada saat masih panas dan mengeluarkan uap, hirup uap melalui hidung. Pada saat sudah hangat bisa diminum.

7. Berkumur-kumur dengan cuka apel + garam. Masukkan 1 sdm cuka sari apel, 2 sdt garam dapur; ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur-kumur beberapa kali sehari.

8. Air jahe hangat. Air jahe adalah salah satu obat herbal radang tenggorokan atau batuk yang disebabkan karena flu. Jahe membantu membunuh bakteri serta menghilangkan lendir penyebab radang tenggorokan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *