Obat Herbal Kolesterol Tinggi

 

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang terdapat pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Dalam kadar normal, keberadaan kolesterol tidak memberikan masalah. Namun jika sudah melebihi batas normal akan menyebabkan berbagai macam penyakit serius. Jika seseorang diketahui mempunyai kolesterol tinggi sebaiknya mulai menjaga pola hidup sehat sekaligus mempertimbangkan mengkonsumsi obat herbal kolesterol tinggi.

Beberapa Obat Herbal Kolesterol Tinggi

obat herbal kolesterol tinggiBerikut ini adalah beberapa obat dan ramuan herbal alami yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi:

  1. Jus Kulit Manggis. Di samping efektif untuk menurunkan kolesterol, kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan antioksidan. Ambillah segenggam kulit manggis segar (diambil dari 2-3 butir manggis), ambil kulit bagian dalam dengan sendok. Kemudian campur dengan segelas air, blender sampai halus. Jus kulit manggis siap diminum.
  2. Cuka Sari Apel. Selain mampu menurunkan kadar kolesterol, cuka sari apel juga berkasiat untuk mengobati hipertensi, asam urat, serta infeksi saluran pernapasan atas. Cara mengkonsumsinya, campurkan 1 sdt cuka sari apel ke dalam segelas air, minum 3 kali sehari.
  3. Ragi Beras Merah. Ragi beras merah adalah beras merah yang sudah difermentasi. Senyawa monacolin yang dikandung ragi beras merah dapat menghambat sintesis kolesterol. Selain itu juga mengandung beta-sitosterol dan campesterol yang dapat menghalangi penyerapan kolesterol di usus.
  4. Bawang Putih. Bawang putih, terutama yang sudah benar-benar tua; dipercaya  dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein = LDL). Di samping itu juga efektif untuk menyembuhkan hipertensi. Cara mengkonsumsi yang paling baik adalah mengkonsumsi dalam keadaan segar. Jika tidak tahan baunya, bisa juga mengkonsumsi dalam bentuk ekstrak yang banyak dijual ditoko-toko herbal.
  5. Oatmeal. Oatmeal adalah makanan kaya serat yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL). Oatmeal sangat cocok untuk makan pagi pengganti nasi.
  6. Brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung serat yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Di samping itu brokoli juga bisa membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami.
  7. Bekatul. Di samping sebagai salah satu sumber serat yang baik untuk memperlancar pencernaan, kandungan tokotrienol dalam bekatul mampu menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh.
  8. Minyak Ikan. Minyak ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, serta mampu mencegah penyakit jantung. Takaran mengkonsumsi minyak ikan adalah 1-4 gram minyak ikan per hari. Minyak ikan bisa dibeli di apotik datau toko herbal dalam bentuk kapsul lunak.

Demikianlah, dengan mengkonsumsi ramuan dan obat herbal kolesterol tinggi di atas dipercaya efektif membantu menurunkan kadar kolesterol darah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *