Obat Herbal Darah Tinggi

 

Hal pertama yang harus dipahami terkait dengan darah tinggi atau hipertensi adalah darah tinggi itu sendiri bukanlah suatu penyakit mandiri. Darah tinggi merupakan kumpulan akibat dari gejala penyakit lain. Sehingga penting untuk tetap teratur mengkonsumsi obat hipertensi sesuai petunjuk dokter. Suplemen dan obat herbal darah tinggi tidak boleh digunakan sebagai pengganti perawatan standar dari dokter untuk mengobati tekanan darah tinggi. Hipertensi yang tidak ditangani dengan benar akan menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Akhir-akhir ini banyak upaya yang telah dilakukan untuk meneliti manfaat tanaman yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Efek hipotensi dan antihipertensi obat herbal darah tinggi dari beberapa tanaman obat telah dibuktikan, tapi masih banyak juga yang belum terbukti secara klinis. Perlu penelitian ilmiah lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan obat herbal tersebut

Beberpa Obat Herbal Darah Tinggi

Berikut ini adalah beberapa herbal yang dipercaya efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi:

Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum) dipercaya mampu mengendalikan hipertensi karena dapat melebarkan pembuluh darah dan membuatnya lebih rileks. Hal ini memungkinkan aliran darah lebih lancar sehingga tekanannya tidak terlalu tinggi.

Cara terbaik mengkonsumsi bawang putih sebagai obat hipertensi adalah dengan mengkonsumsi secara langsung dalam kondisi mentah. Bagi yang tidak tahan dengan bawang putih bisa mengkonsumsi dalam bentuk ekstrak atau kapsul suplemen yang banyak dijual di apotik, toko obat atau toko obat herbal.

Kayu Manis (Cinnamomum verum)

Mengonsumsi kayu manis setiap hari dipercaya efektif menurunkan tekanan darah. Cara mengkonsumsi kayu manis adalah dengan menyertakan bubuk kayu manis dalam makanan. Taburkan bubuk kayu manis pada sereal atau dalam minuman teh atau kopi. Bisa juga dengan meminum air rebusan kayu manis.

Jahe

Jahe (Zingiber officinale) dikenal sebagai obat herbal darah tinggi mampu mengendurkan otot-otot sekitar pembuluh darah sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Tambahkan irisan jahe segar kedalam setiap makanan yang akan dionsumsi. Bisa juga menambahkan  potongan jahe ke dalam teh hangat atau kopi.

Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Cokelat hitam mampu memengaruhi sistem oksida nitrat dalam tubuh yang mampu melebarkan pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah, serta dapat menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE). Namun yang harus diperhatian, cokelat juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *