Merawat Kulit Rusak Karena Polusi

 

Pengetahuan tentang cara merawat kulit rusak karena polusi adalah penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Salah satu musuh terbesar kulit Anda adalah polusi yang dapat menyebabkan banyak masalah kulit, seperti jerawat, warna kulit tidak merata dan bahkan kanker kulit. Namun, di masa lalu, tidak ada banyak kesadaran tentang efek polusi pada kulit. Polusi memecah kolagen dan lapisan lipid pada kulit. Ini berarti polusi juga memainkan peran besar dalam mempercepat proses penuaan. Dengan perawatan kulit yang tepat dapat mengatasi masalah ini.

Langkah-langkah Merawat Kulit Rusak Karena Polusi

Berikut ini adalah langak-langkah merawat kulit rusak karena polusi:

1. Hilangkan semua kotoran yang menempel pada kulit.

Langkah pertama untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel adalah dengan menggunakan tisu lembut yang akan membersihkan kotoran dari kulit. Sebaiknya gunakan tisu detoksifikasi khusus yang lebih kuat untuk menghilangkan kotoran.

2. Bersihkan.

Ini adalah langkah paling penting. Gunakan pembersih yang baik yang akan menghilangkan semua kotoran yang tersisa. Karena tisu telah menghilangkan sebagian besar kotoran, Anda dapat menggunakan pembersih ringan sehingga membersihkan wajah tanpa menghilangkan minyak alami.

3. Gunakan masker antioksidan.

Setelah kulit wajah dibersihkan, gunakan masker antioksidan untuk membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran yang tersisa. Masker antioksidan juga bisa membuat kulit lebih segar dan terlihat awet muda.

4. Gunakan toner.

Toner dapat digunakan untuk membersihkan wajah dari make up dan menyeimbangkan pH kulit setelah pembersihan. Penting untuk memiliki toner yang baik yang dapat digunakan sebelum atau setelah pembersihan. Anda dapat menggunakan toner pembersih dengan bahan khusus untuk mengembalikan kulit dan melindunginya dari polusi yang berbahaya.

5. Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati.

Eksfoliasi akan menghilangkan lapisan kulit mati serta kotoran dari permukaan kulit. Sebaiknya eksfoliasi dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu. Produk-produk eksfoliasi yang baik sangat disarankan karena akan membantu memperbaiki kulit rusak karena polusi. Gunakan produk yang berbahan kimia ringan sehingga kulit akan tetap kenyal dan halus.

6. Jaga kulit agar tetap lembab.

Kulit membutuhkan pelembab (moisturizer) untuk memulihkan dan mengembalikan jaringan kulit. Kelembaban yang baik akan mempertahankan elastisitas dan tekstur kulit.

7. Gunakan serum vitamin C.

Polusi radikal bebas pada kulit akan menyebabkan peradangan dan akhirnya jerawat atau hiperpigmentasi. Polusi juga memicu kolagen sehingga mempercepat proses penuaan. Dengan bantuan antioksidan dapat menghilangkan dan menangkal radikal bebas. Serum vitamin C kaya akan antioksidan yang melawan polusi serta memperlambat proses penuaan.

8. Gunakan tabir surya.

Menggunakan tabir surya akan melindungi kulit dari sinar matahari serta mencegah kulit rusak karena polusi. Tabir surya disamping melindungi kulit juga memberi nutrisi agar tetap sehat sepanjang hari. Banyak orang cenderung mengabaikan pentingnya tabir surya dan memilih alas bedak sebagai pengganti tetapi tidak cukup untuk melindungi kulit. Karena itu, penting untuk berinvestasi dalam perawatan kulit yang tepat sebelum berangkat kerja.

One Response to “Merawat Kulit Rusak Karena Polusi”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *