Menjaga Kesehatan Jantung Anak

 

Ketika anak Anda tumbuh, ia mengembangkan kebiasaan yang akan bertahan seumur hidup. Apa yang Anda lakukan sekarang untuk mempromosikan nutrisi sehat dan aktivitas fisik akan memengaruhi kesehatan anak Anda selamanya. Penting untuk memeriksa gaya hidup dan menemukan cara yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung anak supaya tetap sehat.

Anak-anak belajar lebih banyak dengan apa yang mereka lihat daripada apa yang dikatakan kepada mereka. Jadi, tidak ada gunanya untuk memberi tahu anak tentang bahaya merokok saat orang tua mengisap rokok.

Aktifitas Fisik untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anak

Dorong anak untuk mematikan televisi atau video game dan lebih banyak bermain di luar. Mengendarai sepeda, bermain skateboard, atau sekadar melempar bola bersama teman adalah cara yang bagus untuk mendapatkan aktivitas fisik. Jika memungkinkan, ajak anak untuk menggunakan tangga, bukan eskalator atau lift. Ini memungkinkan tubuh mendapatkan aktivitas fisik tambahan.

Mendorong anak untuk menggunakan transportasi umum, adalah cara lain yang juga sangat disarankan. Anda dan anak-anak Anda akan mendapatkan lebih banyak aktivitas dengan berjalan kaki dari dan ke halte bus atau kereta daripada naik mobil.

Dengan memperbanyak aktivitas fisik adalah salah satu cara terbaik menjaga kesehatan jantung anak.

Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung Anak

Di samping memperbanyak aktivitas fisik, makanan juga berperan penting. Berikut ini beberapa makanan yang membantu menjaga kesehatan jantung anak:

  • Oatmeal. Oatmeal mempunyai kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung. Supaya lebih menarik, campurkan oatmeal dengan potongan aneka buah-buahan. Campuran tersebut akan menjadikan oatmeal semakin kaya serat, omega-3, asam folat, dan kalium.
  • Ikan salmon (Oncorhynchus masou). Ikan salmon banyak mengandung omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Cara memasak ikan salmon yang baik adalah dengan dikukus, direbus atau pun dipanggang.
  • Dark chocolate. Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung senyawa flavonoid  yang mampu menstabilkan tekanan darah serta membantu mencegah pembekuan darah pada anak-anak. Cokelat hitam biasanya tidak disukai anak-anak karena rasanya yang pahit, sehingga bisa diberikan secara bertahap berdasarkan prosentase kadar kakao di dalamnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *