Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

 

Memiliki gigi putih dan sehat adalah dambaan setiap orang. Gigi yang putih dan sehat sangat berpengaruh pada penampilan yang lebih menarik. Namun membuat gigi menjadi lebih putih bukanlah perkara mudah dan terkadang tidak murah. Berikut ini diuraikan cara sederhana memutihkan gigi dengan baking soda yang bisa dilakukan di rumah.

Baking soda (natrium bikarbonat) berfungsi sebagai pemutih gigi dengan dua cara: sifatnya yang abrasif akan menghilangkan plak yang terbentuk pada gigi; serta bubuk alkalinya dapat membantu menghilangkan perubahan warna gigi. Namun demikian metode hanya efektif menghilangkan noda pada permukaan gigi saja.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Berikut ini adalah cara menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi:

  • Siapkan sikat gigi, basahi dengan air. Kemudian tuang baking soda pada sikat gigi, gunakan untuk menggosok gigi selama sekitar 1-2 menit. Pastikan semua permukaan gigi terlapisi oleh baking soda.
  • Bisa juga dengan mencampurkan baking soda dengan air hingga terbentuk pasta. Gunakan pasta itu untuk menggosok gigi seperti biasa selama 1-2 menit. Jangan lupa, permukaan gigi terlapisi oleh baking soda.

Risiko

memutihkan gigi dengan baking sodaMemutihkan gigi menggunakan baking soda adalah pilihan yang mudah dan murah untuk membuat gigi lebih cerah. Namun, beberapa faktor perlu dipertimbangkan ketika menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi. Meskipun baking soda adalah produk yang biasa digunakan, bukan tanpa risiko. Penggunaan berlebihan dapat merusak enamel, menghasilkan sensitivitas dan meningkatkan risiko gigi berlubang. Baking soda sebaiknya digunakan tidak lebih dari sekali seminggu.

Sifat baking soda adalah basa, orang sering mencampurnya dengan komponen yang lebih asam, seperti cuka, jus lemon atau garam. Yang harus diingat, asam bisa menggerogoti kalsium gigi dan mengiritasi gusi, sehingga umumnya tidak dianjurkan.

Sementara memutihkan gigi dengan baking soda memiliki beberapa manfaat, itu bukan pengganti untuk menyikat dengan pasta gigi biasa. Baking soda tidak membunuh bakteri dan sebenarnya dapat meningkatkan pembentukan rongga gigi. Itulah mengapa penting untuk mengikuti rutinitas baking soda apa pun dengan tetap menyikat dengan pasta gigi, serta membersihkan gigi dengan benang.

One Response to “Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *