Manfaat Flossing pada Kesehatan Mulut

 

Kebanyakan orang menyikat gigi dua kali sehari seperti yang direkomendasikan oleh dokter gigi. Akan tetapi pada saat menggosok gigi ada sela-sela gigi yang terlewati yang hanya bisa dibersihkan dengan flossing, yaitu membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss..Dengan demikian manfaat flossing pada kesehatan mulut dipercaya menjadikan mulut dan gigi tetap sehat.

Prosedur flossing dirancang sedemikian rupa sehingga kita dapat membersihkan ruang sempit antara gigi dan dasar gusi. Ini adalah ruang yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Memang benar bahwa obat kumur dapat mencapai daerah-daerah ini dan bakteri yang terkait dengan plak dapat dihilangkan, tetapi potongan makanan dan karang gigi tetap bersarang di antara gigi tidak dapat diberantas oleh obat kumur.

5 Manfaat Flossing pada Kesehatan Mulut

Dengan melihat manfaat flossing pada kesehatan mulut yang sedemikian penting ini menjadikan flossing sebagai bagian integral dari perawatan mulut. Setidaknya ada 5 (lima) manfaat flossing pada kesehatan mulut:

  • Mencegah penyakit gusi. Flossing membantu menghilangkan plak yang terbentuk di sepanjang garis gusi atau di antara gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Kondisi demikian berpotensi munculnya penyakit gusi. Penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan flossing, orang yang melakukannya memiliki jumlah bakteri yang jauh lebih sedikit yang terkait dengan penyakit periodontal di mulut mereka.
  • Lebih efektif membersihkan sela-sela gigi daripada hanya menggosok gigi saja. Kesehatan mulut dan gigi dipertahankan dengan penyatuan menyikat gigi dan flossing. Sekitar 30% permukaan gigi tetap tidak bersih ketika hanya menggosok gigi. Bulu sikat gigi hanya bisa menjangkau batas tertentu. Benang gigi secara efektif akan menghilangkan bakteri dan makanan yang dapat bersarang di antara gigi dan dasar gusi.
  • Mencegah perkembangan bakteri penyebab gigi sensitif. Flossing secara efektif membersihkan bakteri penyebab gigi sensitif, sekaligus mencegah peradangan gusi.
  • Mencegah bau mulut. Bakteri dapat terbentuk atau dapat ditemukan pada sisa-sisa makanan yang terjebak di antara garis gusi dan gigi. Hal ini berpotensi menimbulkan bau mulut. Bau mulut (halitosis) bisa dihilangkan dengan rutin melakukan flossing setiap hari karena membantu mencegah partikel makanan menempel pada gigi dan sela-sela gigi..
  • Membuat mulut lebih bersih dan sehat. Flossing akan membuat mulut lebih bersih dan sehat. Tidak hanya itu, restorasi seperti tambalan dan mahkota juga akan bertahan lama jika dibersihkan secara menyeluruh setiap hari..


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *