Manfaat Diet Nordik untuk Kesehatan

 

Akhir-akhir ini banyak ahli nutrisi banyak memperbincangkan tentang manfaat diet nordik untuk kesehatan. Makanan utama pada diet nordik adalah makanan yang bersumber secara lokal dan dimakan secara tradisional di Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia. Termasuk di dalamnya sereal gandum seperti gandum hitam, gandum, buah-buahan, sayuran, ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan herring; serta kacang-kacangan dan kacang polong.

Berbeda dengan diet Mediterania yang menggunakan mnyak zaitun, diet nordik lebih menyukai penggunaan minyak kanola. Minyak kanola kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

diet nordikDiet nordik berlawanan dengan diet Mediterania, yang meliputi minyak zaitun, ia lebih menyukai minyak lobak (minyak canola), yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Minyak kanola juga mengandung asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 nabati yang mirip dengan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan. Minyak kanola dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Beberapa Manfaat dari Diet Nordik

Berikut ini beberapa manfaat dari diet nordik:

  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa diet Mediterania dan diet nordik efektif mengurangi risiko kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.
  • Diet nordik juga bisa berkontribusi pada penurunan berat badan. Sebuah studi University of Eastern Finland juga menemukan bahwa diet nordik mampu mengatur ekspresi gen yang terkait dengan peradangan, yang dianggap berkontribusi terhadap banyak masalah kesehatan kronis dan berperan dalam obesitas.
  • Menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian melaporkan bahwa diet nordik mampu menurunkan tekanan darah pada penderita obesitas. Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa diet nordik mampu membantu menurunkan trigliserida. Trigliserida yang tinggi akan meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, serta pankreatitis akut.
  • Manfaat diet nordik yang lain adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Memperbanyak konsumsi buah-buahan beri pada diet nordik dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena buah-buahan beri mengandung banyak antosianin. Antosianin bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis. Antosianin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah karena membuat pembuluh darah jadi lebih elastis.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *