Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat

 

Manfaat daun sirsak untuk asam urat sudah banyak yang membuktikan efektifitasnya. Selayaknya metode pengbatan asam urat secara tradisional, cara dengan menggunakan daun sirsak ini dipercaya juga meminimalkan penggunaan obat-obat kimiawi yang dalam jangka panjang memberikan efek yang merugikan.

manfaat daun sirsakTanaman Sirsak (Annona muricata L.)berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh di sembarang tempat, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Pertumbuhannya akan optimal jika ditanam di daerah yang cukup mengandung air.

Buah sirsak mempunyai ukurannya yang cukup besar dengan berat mencapai 2,5 kg. Daging buah sirsak berwarna putih, berasa manis agak asam. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Sedangkan bijinya yang berwarna coklat kehitaman bersifat beracun dan biasa digunakan untuk pestisida alami.

Secara  morfologi, daun sirsak berbentuk agak oval, ujung meruncing, pinggiran rata dan permukaan mengkilap. Warna daun hijau muda sampai hijau tua tergantung seberapa tua daunnya.

Manfaat Secara Umum

Daun sirsak di samping efektif untuk mengobati asam urat, banyak yang sudah membuktikan bahwa daun sirsak juga memiliki manfaat-manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Efektif menyerang sel-sel kanker namun tidak membahayakan sel yang sehat.
  • Efektif menangkal radikal bebas.
  • Mampu menghambat pertumbuhan bakteri, perkembangan virus dan parasit lainnya.
  • Mampu menghambat pertumbuhan tumor.
  • Efektif menyembuhkan peradangan.

Cara Membuat Resep Herbal Daun Sirsak untuk Asam Urat

Sedikit berbeda dengan resep herbal lainnya, sebelum menggunakan daun sirsak untuk asam urat harus diketahui dosis penggunaan daun sirsak. Dibutuhkan 300 mg daun sirsak untuk setiap kilogram berat badan. Sebagai contoh, jika berat badan penderita 50 kg maka diperlukan sekitar 15 gram daun sirsak kering yang sudah dihancurkan.

Daun sirsak yang sesuai dengan dosis tersebut masukkan ke dalam 4 gela air. Rebus pada suhu sekitar 80 derajat celcius – jangan sampai mendidih; hingga tersisa separuhnya. Satu gelas diminum pada pagi hari dan 1 gelas pada malam hari. Jika rutin diminum, dalam jangka waktu sekitar 2 (dua) minggu akan dirasakan manfaatnya.

Sumber: https://penyakitasamurat.org/resep-herbal-manfaat-daun-sirsak-untuk-asam-urat/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *