Manfaat Daun Afrika untuk Obat Herbal

 

Manfaat daun afrika untuk obat herbal sudah dikenal sejak lama. Sesuai dengan namanya, tanaman ini awalnya banyak tumbuh di Afrika, tepanya di Nigeria – Afrika Barat. Di tempat asalnya pun daun afrika sudah dikenal secara turun temurun memiliki manfaat pengobatan tradisional. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan gizi yang antara lain sumber protein, lemak sehat, serat,  serta semlah mineral sejumlah mineral penting lainnya. Di samping itu juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta vitamin B kompleks.

Ciri-ciri Daun Afrika

manfaat daun afrikaDaun afrika (Vernonia amygdalina), seperti halnya daun kebanyakan berwarna hijau cenderung lebih tua (bahkan daun muda sekali pun), tulang daun menyirip dan tumbuh vertikal ke atas. Jika sehelai daun afrika dicicip akan terasa pahit sekali.

Batang tanaman daun afrika memang berkayu. Batang yang masih muda berwarna hijau sedangkan batang yang sudah tua akan berwarna abu-abu agak keputih-putihan. Pada kulit batang terda[at bercak-bercak.

Beberapa Manfaat Daun Afrika untuk Obat Herbal

Banyak sekali manfaat daun afrika untuk obat herbal. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimaksud:

  1. Menurunkan kadar asam urat. Daun afrika bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat karena kandungan senyawa yang mampu mengurangi kadar berlebih asam urat. Senyawa tersebut merangsang pembuangan kelebihan asam urat melalui urine. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum air rebusannya.
  2. Menurunkan kolesterol. Kandungan senyawa flavonoid, tanin dan saponin di dalam daun afrika mampu menghambat penyerapan lemak dan mengikat kolesterol dengan asam empedu. Hal ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein).
  3. Membantu pengobatan malaria. Untuk membantu pengobatan malaria adalah dengan cara membuatnya menjadi jus, kemudian rutin diminum. Meskipun hanya bersifat “membantu” pengobatan, jus daun afrika dipercaya efektif meredakan demam malaria.
  4. Membantu mengobati diabetes. Kandungan zat aktif saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol dalam daun afrika dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Namun ada baiknya penggunaan daun afrika untuk mengobati diabetes hanya sebagai pendamping pengobatan medis.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *