Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

 

Manfaat daun afrika untuk kesehatan sudah diketahui sejak jaman dahulu. Daun Afrika (Vernonia amydalia) adalah tanaman herbal yang gampang tumbuh di mana-mana, dalam kondisi apapun. Di mana pun bisa tumbuh subur. Hal yang paling khas dari tanaman ini adalah rasanya yang sangat pahit setiap bagiannya: daun, batang, akar dan kulit kayunya.

Meskipun manfaat daun afrika untuk kesehatansudah banyak yang membuktikan, namun karena rasanya yann pahit tidak sedikir orang yang menghindarinya sebagai obat herbal. Padahal secara umum daun afrika membantu meningkatkan fungsi organ vital tubuh, terutama hati dan ginjal. Hati adalah organ tubuh yang fungsi utamanya adalah sebagai sekresi empedu dan untuk pembentukan glikogen. Hati juga sangat penting dalam metabolisme lemak dan protein. Sedangkan ginjal adalah organ yang membantu mengeluarkan bahan limbah dari tubuh dalam bentuk urin. Jika ginjal rusak akan ada kelainan umum pada tubuh.

manfaat daun afrika untuk kesehatanDaun afrika juga dipercaya baik untuk membantu pengobatan penyakit diabetes. Sejak zaman dahulu, herbalis telah menggunakan tanaman daun afrika untuk pengobatan diabetes. Daun afrika tidak hanya mengurangi kadar gula secara drastis, tetapi juga membantu memperbaiki pankreas.

Beberapa Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun afrika sebagai herbal yang bisa dimanfaatkan:

1. Mengobati Hipertensi.

Minum rebusan daun afrika secara teratur dipercaya bisa membantu mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan kalium pada daun afrika membantu menurunkan tekanan sistolik dan diastolik masing-masing sebesar 4,4 mmHg dan 2.5 mmHg.

2. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah.

Daun afrika memiliki efek hipoglikemik yaitu kemampuan untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Zat aktif yang dikandung daun afrika diantaranya adalah alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, polifenol, dan etanol; efektif menurunkan kadar glukosa darah.

3. Mengobati Penyakit Asam Urat.

Daun afrika mengandung flavonoid yang efektif menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Untuk mengobati asam urat, minumlah rebusan daun afrika 2 kali sehari, setiap pagi dan malam jari.

4. Membantu Menurunkan Kolesterol.

Kandungan flavonoid, tanin dan saponin daun afrika mampu menghambat proses penyerapan lemak serta mengkitat kolesterol. Hal ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL = low-density lipoprotein) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL = High Density Lipoprotein).

5. Sebagai Anti Oksidan

Daun afrika memiliki manfaat sebagai anti oksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *