Manfaat Buah-buahan bagi Kesehatan

 

Manfaat buah-buahan bagi kesehatan adalah adalah sumber vitamin dan mineral alami yang sangat baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan juga merupakan sumber serat yang sangat baik bagi usus dan sistem pencernaan yang menjaga pencernaan bekerja dengan baik.

Saat ini, banyak orang memiliki gaya hidup yang sangat berpengaruh pada pola makan yang tidak sehat serta banyak mengandung bahan pengawet serta memiliki nilai gizi yang tidak seimbang. Keadaan ini merupakan pangkal timbulnya berbagai macam penyakit. Namun gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan tersebut biasanya dapat diobati dengan diet sehat dengan manfaat buah-buahanmenempatkan buah-buahan sebagai salah satu unsurnya.

Salah satu manfaat buah-buahan yang terpenting adalah merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang akan melawan radikal bebas yang dapat melindungi dari banyak penyakit. Antioksidan di dalam buah juga dapat membantu meningkatkan kesehatan serta kualitas kulit dan rambut.

Beberapa buah-buahan juga mengandung flavonoid, misalnya apel, anggur merah dan sirsak. Flavonoid adalah senyawa bioaktif serupa dengan antioksidan serta mampu memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Mengkonsumsi buah yang kaya flavonoid dipercaya mengurangi risiko penyakit kanker, hipertensi, dan diabetes.

Hampir jenis buah-buahan memiliki profil nutrisi yang luas. Namun demikian  jenis dan jumlah nutrisi pada masing-masing jenis buah berbeda satu dengan jenis lainnya. Misalnya buah jeruk kaya vitamin C, buah pisang kaya kalium dsb.

Manfaat vitamin C dalam buah adalah sebagai antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas. Sedangkan kalium dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Kalium juga dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal dan membantu mengurangi keropos tulang seiring bertambahnya usia.

Cara Mengkonsumsi Buah-buahan

Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah-buahan adalah dengan memakannya dalam kondisi segar. Hindari memasak buah-buahan karena nutrisi akan jauh berkurang. Cara lain mengkonsumsi buah adalah dengan dibuat jus. Akan lebih baik jika jus yang dibuat tanpa tambahan gula.

Manfaat Umum Buah-buahan bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah-buahan bagi kesehatan secara umum:

  • Bebas kolesterol, sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang relatif banyak.
  • Rendah sodium dan kalori, sehingga sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet rendah kalori.
  • Kaya akan kalium, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.
  • Kaya serat yang membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Sumber antioksidan yang sangat baik


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *