Manfaat Bekam yang Harus Anda Ketahui

 

Bekam adalah pengobatan alternatif yang berasal dari daerah Timur Tengah. Kata bekam itu sendiri adalah terjemahan dari kata hijamah dalam bahasa Arab yang diartikan sebagai proses vakumisasi dan penghisapan darah dengan alat menyerupai tabung, kemudian mengeluarkan darah kotor dari permukaan kulit yang sebelum disayat atau ditusuk-tusuk dengan jarum kecil. Dalam tulisan berikut ini akan kami sampaikan beberapa manfaat bekam, yang dewasa ini semakin populer di kalangan masyarakat.

manfaat bekamBanyak orang menjadikan terapi bekam sebagai pengobatan alternatif karena dianggap sedikit efek samping minimal. Di samping untuk pemeliharaan kesehatan secara umum, banyak dipercaya terapi ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan biaya yang relatif terjangkau.

Beberapa Manfaat Bekam

Berikut ini beberapa manfaat bekam:

  • Menyembuhkan sakit kepala. Berbekam dipercaya efektif untuk mengobati sakit kepala. Bagi yang sering menderita sakit kepala, titik bekam terbaik adalah bagian leher dan kulit kepala. Khusus untuk berbekam pada kulit kepala, rambut pada titik bekam harus dicukur.
  • Detoksifikasi. Prinsip dari terapi bekam adalah mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Ini berarti termasuk mengeluarkan racun-racun (toksin) dari dalam tubuh yang mengikut di aliran darah. Seberapa banyak toksin yang berhasil dikeluarkan bisa dilihat dari warna darah yang keluar: semakin merah tua, berarti semakin banyak mengandung racun.
  • Mengobati hipertensi. Banyak yang merasakan manfaat bekam untuk mengobati hipertensi atau darah tinggi. Titik-titik bekam untuk mengobati hipertensi adalah di kepala, leher, bahu, dan beberapa di bagian badan.
  • Meredakan pegal-pegal dan kelelahan. Pegal-pegal dan kelelahan karena otot syaraf yang kaku dapat diredakan dengan terapi bekam. Titik-titik bekam untuk meredakan pegal-pegal dan kelelahan berada di punggung dan leher. Secara khusus bermanfaat menyembuhkan nyeri punggung, nyeri otot, dan leher yang kaku; serta membuat badan menjadi lebih rileks.
  • Memperlancar pernafasan. Pembekaman pada titik bekam yang terbuhung dengan paru-paru akan membuat pernafasan menjadi lebih lancar. Bahkan terapi bekam ini dipercaya efektif untuk menyembuhkan sakit asma atau sesak nafas.
  • Mengobati asam urat. Aam urat terjadi karena penumpukan purin pada beberapa anggota tubuh, biasanya pada tangan atau kaki. Titik bekam untuk mengobati asam urat bergantung daerah mana yang menderita asam urat itu. Kristal asam urat yang mengkilap akan terlihat pada darah yang sudah dikeluarkan.

One Response to “Manfaat Bekam yang Harus Anda Ketahui”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *