Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

 

Ibu menyusui harus selalu menjaga makananya karena membutuhkan banyak cairan untuk menghasilkan lebih banyak air susu ibu (ASI). Makanan yang baik untuk ibu menyusui harus mencakup semua kelompok nutrisi dasar seperti kalsium, protein, zat besi dan vitamin. Ibu menyusui biasanya membutuhkan lebih banyak kalori. Namun, asupan kalori akan semakin berkurang setelah bayi disapih.

Ibu menyusui akan lebih sering merasa haus; oleh karena itu, sangat penting untuk minum air yang cukup. Sangat disarankan untuk minum masing-masing segelas air sebelum dan sesudah menyusui.

Apa Saja Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui?

Berikut ini komposisi makanan yang baik untuk ibu menyusui:

  • 50% = makanan dari olahan gandum, seperti roti gandum, oatmeal, sereal.
  • 20% = sayur-sayuran, kacang-kacangan dan kacang polong. Sayuran akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Sedangkan kacang-kacangan dan kacang polong adalah sumber protein yang juga kaya akan vitamin B. Ini adalah sumber makanan yang baik pada saat menyusui untuk menjaga kualitas ASI.
  • 10% = buah-buahan, seperti pisang, jeruk, dan melon.
  • 10% = biji-bijian dan rumput laut. Biji-bijan banyak mengandung zat besi, kalsium, dan serat. Sedangkan rumput laut adalah makanan tinggi serat yang tanpa kalori yang juga membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • 10% = bisa ditambahkan produk-produk susu.

Ibu menyusui harus menyadari asupan makanan tertentu, karena makanan apa pun yang yang dimakan akan masuk ke ASI. Sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi banyak rempah-rempah, cuka, jahe, dan minyak wijen. Ikan, seperti ikan todak, king mackerel, hiu dan tilefish tidak cocok untuk ibu menyusui, karena ikan-ikan tersebut berpotensi mengandung merkuri.

Ibu menyusui hendaknya menghindari minuman beralkohol serta minuman berkafein. Namun, konsumsi minuman tersebut dalam jumlah terbatas tidak akan banyak mempengaruhi kualitas ASI. Juga sangat disarankan untuk berhenti merokok atau menghindari sebagai perokok pasif.

Pada saat menyusui disarankan untuk mengetahui bahwa obat apa pun harus diminum di bawah pengawasan dokter. Meskipun jumlah obat yang akan disajikan dalam ASI rendah dan konsentrasinya terlalu rendah untuk membahayakan bayi, disarankan untuk mendapatkan nasihat dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun. Harus mencari nasihat dokter tentang kesesuaian obat yang digunakan sebelum mencoba untuk pengobatan sendiri.

Menyusui bayi membutuhkan kalori ekstra dalam makanan; Oleh karena itu ibu menyusui hanya mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu menyusui dan memasukkan ke dalam kelompok makanan sehari-hari. Jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan memengaruhi kualitas ASI untuk bayi yang disusuinya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *