Makanan untuk Kesehatan Mulut

 

Rutinitas kebersihan mulut dengan flossing dan menyikat gigi; belum cukup menjamin kesehatan mulut. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah faktor makanan untuk kesehatan mulut. Harus dihindari adalah terlalu banyak mengonsumsi soda dan permen.

makanan untuk kesehatan mulutGula sering menjadi penyebab penyakit gusi dan kerusakan gigi. Anda mungkin pernah mendengar dokter gigi memberi tahu Anda bagaimana gula dalam makanan dan minuman tertentu bisa tersangkut di permukaan gigi dan di antara gigi dan mulai membusuk sehingga menyebabkan plak yang merusak enamel.

Apakah plak penyebab rongga mengerikan ini hanya berasal dari makanan dan minuman manis? Jawabannya mungkin mengejutkan Anda. Makanan yang bersifat asam, dan mengandung karbohidrat sederhana juga dapat melemahkan gigi dan gusi dengan menggerogoti email gigi.

Beberapa Makanan untuk Kesehatan Mulut

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk kesehatan mulut yang lebih baik:

  • Sayuran.
  • Permen karet bebas gula.
  • Mint bebas gula.
  • Keju
  • Apel
  • Kacang almond
  • Yogurt

Makanan-makanan tersebut merangsang produksi air liur dan mengandung mineral dan vitamin penting yang membantu membangun enamel dan meningkatkan kekebalan jaringan gusi. Gigi dan gusi yang kuat lebih tahan terhadap kerusakan dan penyakit.

Minuman bergula dan bersifat asam seperti soda, jus buah, kopi, teh, dan alkohol akan meninggalkan lapisan yang tidak menyenangkan pada gigi dan gusi. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut. Minuman tersebut boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang diikuti dengan berkumur dengan air untuk membersihkan sisa-sisa minuman yang menempel pada gigi dan mulut.

Jika Anda haus dan ingin meningkatkan kesehatan mulut, sebaiknya minumlah air putih. Air putih memiliki sejumlah kecil fluor di dalamnya untuk mencegah gigi berlubang, memiliki kalori nol dan mengandung nutrisi penting.

Pentingnya Air Liur untuk Kesehatan Mulut

Hal yang sama-sama dimiliki oleh masing-masing bahan makanan tersebut adalah bahwa mereka merangsang produksi air liur. Walaupun air liur mungkin kotor bagi sebagian orang, air liur memainkan peran penting dalam kebersihan mulut.

Air liur berasal dari kelenjar ludah yang terletak di mulut. Biasanya makan dan minum merangsang produksi air liur dan tidur sering mengurangi produksi air liur. Pada pasien normal, jumlah air liur yang diproduksi secara alami cukup untuk mencuci dan menjaga mulut tetap bersih.

Air liur adalah obat kumur alami tubuh. Air liur akan membilas puing-puing dari mulut, membantu menjaga permukaan mulut bebas dari puing-puing makanan dan mengandung enzim yang memecah bakteri yang dapat menyebabkan plak. Mereka yang menderita mulut kering tidak hanya memiliki ketidaknyamanan kronis, tetapi mereka juga berisiko lebih besar mengalami kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Mengkonsumsi makanan untuk kesehatan mulut akan menjaga air liur dalam jumlah yang cukup.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *