Makanan Sehat untuk Jantung yang Harus Diketahui

 

Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung merupakan salah satu cara menghindari resiko serangan jantung yang fatal. Disamping itu, tentu saja harus konsisten menjalani pola hidup sehat, misalnya olah raga teratur, tidak merokok, serta mengurangi konsumsi makanan yang kaya kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL).

 makanan sehat untuk jantungSecara umum, sayuran dan buah-buahan merupakan makanan sehat untuk jantung. Kandungan senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan membantu jantung untuk bekerja secara optimal.Di samping itu senyawa fitonutrien juga bermanfaat sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencukupi kebutuhan vitamin A, serta  mendetoksifikasi senyawa karsinogen dari dalam tubuh.

Beberapa Makanan Sehat untuk Jantung

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat untuk jantung:

  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung serat yang tinggi, serta bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Di samping itu kacang-kacangan dapat menurunkan risiko pembekuan darah yang memicu terjadinya serangan jantung.
  • Bawang putih (Allium sativum). Di samping berkhasiat sebagai antibiotik alami, bawang putih sudah lama dikenal mampu meningkatkan kesehatan jantung. Bawang putih bermanfaat untukmenurunkan kekentalan darah serta mampu merangsang produksi empedu untuk membantu menurunkan kadar lemak pada hati dan jantung.​
  • Ubi jalar. Dengan indeks glisemik yang rendah, ubi jalar tidak menyebabkan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Ubi jalar juga kaya serat, vitamin A, serta lycopene.
  • Oatmeal. Serat oat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga membuat jantung lebih sehat.
  • Makanan dan minuman yang diperkaya dengan sterol. Makanan-makanan ini, diantaranya adalah beberapa jenis margarin, susu kedelai, susu almond, dan jus jeruk; mampu menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa merusak kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL).
  • Ikan salmon, makerel dan sarden. Daging ikan-ikan tersebut kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan kadar trigliserida yang berpotensi pengerasan dan penebalan pada pembuluh darah.
  • Alpukat atau avokad. Buah ini mengandung serat dan lemak tunggal tak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat serta kadar trigliserida, sehingga sangat baik untuk jantung Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *