Makanan Sehat Ibu Hamil

 

Setiap ibu hamil memiliki kehidupan baru yang tumbuh di dalam dirinya. Untuk itu makanan sehat ibu hamil memberikan pengaruh dan efek yang besar pada pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan bayi yang dikandungnya. Faktanya, setiap ibu hamil membutuhkan tambahan 300 kalori lebih banyak daripada yang dibutuhkan sebelum kehamilan.

Rata-rata wanita hamil harus mengonsumsi 2.500 – 2.700 kalori sehari. Yang harus diperhatikan adalah asupan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya melalui berbagai sumber makanan. Harus dipastikan bahwa ibu hamil mendapatkan suplementasi harian melalui vitamin prenatal dan makanan alami yang sehat dari kelompok makanan dasar.

Nutrisi pada Makanan Sehat Ibu Hamil

Nutrisi apa lagi yang dibutuhkan oleh ibu hamil? Saat memilih makanan mana yang akan dimakan pada saat hamil, pastikan mendapatkan cukup nutrisi-nutrisi penting berikut ini:

  • Asam Folat. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 400 mcg (mikrogram) asam folat untuk mencegah cacat lahir. Asam folat adalah vitamin B yang mencegah cacat pada tulang belakang dan otak bayi. Asam folat juga dapat mencegah bibir sumbing dan penyakit jantung bawaan. Cara termudah untuk mendapatkan asam folat yang cukup adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal. Sereal, bayam, kacang-kacangan dan jus jeruk juga merupakan sumber asam folat yang baik.
  • Zat besi. Ibu hamil memerlukan asupan zat besi setidaknya 30 mg per hari yang dapat diperoleh melalui suplemen zat besi. Ibu hamil membutuhkan zat besi tambahan karena meningkatnya jumlah darah dalam tubuh dan untuk memenuhi kebutuhan bayi yang dikandung. Sumber zat besi yang direkomendasikan antara lain daging merah, ikan, daging unggas, roti gandum dan sereal yang diperkaya zat besi.
  • Kalsium. Makanan dan minuman lain yang penting untuk dikonsumsi saat hamil adalah makanan/minuman yang kaya kalsium, diantaranya adalah susu, keju, yogurt, dan sumber lain yang kaya kalsium. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium sehari. Khusus untuk wanita hamil muda membutuhkan kalsium 1.300 mg sehari. Mendapatkan kalsium yang cukup sangat penting untuk perkembangan gigi dan tulang bayi di dalam kandungan.

Mengetahui makanan sehat ibu hamil yang tepat dapat membantu ibu dan bayi yang dikandungnya tetap sehat selama kehamilan. Ini juga merupakan cara terbaik untuk mencegah kemungkinan masalah bawaan bayi yang dikandung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *