Makanan Penambah Hb untuk Ibu Hamil

 

Ibu hamil sangat beresiko mengalami kurang darah atau anemia, yaitu rendahnya kadar Hb (hemoglobin). Rendahna kadar Hb ini disebabkan karena pada masa kehamilan, terjadi pembentukan sel-sel darah merah baru untuk janin. Jika kondisi ini dibiarkan maka dikhawatirkan mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandung serta kesehatan ibu hamil itu sendiri. Jika seorang ibu hamil terindikasi anemia, maka diperlukan makanan penambah Hb yang jenisnya lebih terbatas dibandingkan orang kebanyakan.

makanan penambah HbSecara umum, makanan penambah Hb dicirikan dengan tingginya asam folat dan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. Ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi setidaknya 30 miligram zat besi/hari. Sumber zat besi terbaik dan aman untuk ibu hamil di antaranya adalah produk biji-bijian. daging tanpa lemak, daging unggas, ikan; dan sayuran hijau.

Daftar Makanan Penambah Hb untuk Ibu Hamil

1. Daging merah

Daging merah adalah sumber zat besi untuk mencegah anemia. Yang termasuk daging merah diantaranya adalah daging sapi, kambing atau domba. Daging merah di samping mengandung zat besi dan berprotein tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti asam folat, vitamin A, B, D, dan, K, magnesium (Mg), kalium (K), selenium (Se), dan zinc (Zn).

2. Daging Ayam

Salah satu makanan penambah Hb yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah daging ayam. Daging ayam di samping kaya zat besi, juga dapat menjadi sumber protein. Sebaiknya pilihlah daging ayam tanpa kulit.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau juga akan zat besi dan mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi. Nutrisi lain yang terkandung dalam kacang hijau adalah vitamin A, vitamin B6, kalsium, kalium, natrium, dan magenesium.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu pilihan untuk sarapan praktis dan sehat untuk ibu hamil. Satu cangkir oatmeal yang dimasak dapat menambahkan kebutuhan zat besi hingga 3 miligram. Oatmela juga memiliki kandunganvitamin A dan kalsium.

5. Ikan

Ibu hamil sangat disarankan konsumsi ikan. Ikan tidak tidak hanya sebagai makanan penambah Hb untuk ibu hamil, tapi juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin. Jenis-jenis ikan yang disarankan adalah ikan salmon dan tuna.

6. Bayam dan brokoli

Bayam menjadi salah satu sayuran yang paling direkomendasikan selama masa kehamilan kandungan zat besi dan asam folat yang tinggi. Di samping memiliki kandungan zat besi yang tinggi juga megandung vitamin C yang membantu proses penyerapan zat besi.

7. Telur

Telur adalah salah satu makanan sumber zat besi, terutama bagian kuningnya. Pastikan telur yang dikonsumsi adalah terlur yang dimasak hingga matang sempurna. Ibu hamil tidak disarankan untuk konsumsi telur mentah atau yang tidak matang sempurna.

8. Buah jeruk

Jeruk adalah buah yang disarankan sebagai penambah darah. Vitamin C yang dikandungnya sangat membantu proses penyerapan zat besi oleh ibu hamil.

9. Makanan diperkaya zat besi

Selain makanan-makanan tersebut di atas, makanan olahan yang diperkaya zat besi boleh juga dikonsumsi ibu hamil sebagai makanan penambah Hb. Pilihlah pasta atau sereal yang sudah diperkaya dengan zat besi. Selain diperkaya dengan zat besi, umumnya makanan ini juga akan diperkaya dengan vitamin dan mineral lainnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *