Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Ibu Hamil

 

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah konsep makanan sehri-hari dengan gizi yang seimbang; yang terbagi menjadi empat  sumber nutrisi, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Penekanan pada konsep ini adalah empat golongan makanan sebagai sumber kalori, protein, vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh kita.

Khusus untuk ibu hamil, makanan empat sehat lima sempurna harus memperhatikan kebutuhan nutrisi ibu hamil sekaligus bayi yang dikandungnya. Prinsip dasarnya adalah makanan yang mengandung nutrisi makro serta zat gizi mikro. Makanan dengan nutrisi makro, yaitu protein, karbohidrat dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral. Sumber bahan makanannya boleh bervariasi, namun harus dipastikan mengikuti pola makan gizi seimbang.

makanan 4 sehat 5 sempurnaBeberapa nutrisi wajib pada makanan ibu hamil diantaranya adalah protein, asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin A.  Nutrisi-nutrisi tersebut harus tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil agar ibu dan bayinya sehat dan berkembang optimal.

Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Ibu Hamil

Berikut ini makanan 4 sehat 5 sempurna untuk ibu hamil:

  • Makanan pokok; boleh berupa nasi dari beras putih atau beras merah, kentang, roti, atau oatmeal.
  • Lauk pauk. Boleh makan telor, daging, atau ikan. Telor banyak mengandung omega 3, asam folat, zat besi, dan kolin. Daging adalah sumbr protein yang baik untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Sedangkan ikan, terutama ikan salmon; adalah sumber asam lemak omega 3 (DHA dan EPA) yang perkembangan otak janin serta meningkatkan keterampilan motorik, dan mengurangi risiko neurologis di kemudian hari.
  • Sayuran. Disamping kaya protein nabati, sayuran adalah sumber antioksidan yang diperlukan agar tubuh terhindar dari kerusakan jaringan akibat radikal bebas. Ibu hamil harus cukup mengkonsumsi sayuran yang bervariasi jenisnya. Usahakan memilih sayuran organik yang bebas pestisida.
  • Buah-buahan. Buah-buahan adalah salah satu komponen makanan 4 sehat 5 sempurna yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Biasanya, beda warna buah berbeda pula nutrisi yang dikandungnya. Buah berwarna hijau atau kuning biasanya kaya vitamin C, beta karoten, asam folat, dan kalsium. Buah berwarna merah mengandung banyak asam elagik (C14H6O8) dan hesperidin (C28H34O15) yang bersifat anti-kanker.
  • Susu. Susu dan produknya turunannya, misalnya yoghurt dan keju; adalah sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang juga harus rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk mencegah resiko pencemaran virus dan bakteri pada susu, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi susu yang sudah melalui proses sterilisasi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *