Makan Sehat di Hari Lebaran

 

Hari lebaran selalu disamakan dengan makan besar yang nikmat. Apalagi setelah satu bulan penuh berpuasa, menahan makan dan minum di siang hari. Pada saat datangnya hari lebaran biasanya pola makan menjadi tidak terkendali. Oleh karena itu penting kiranya kita mengetahui hal-hal terkait makan sehat di hari lebaran supaya tubuh kita tetap sehat dengan berat tetap terjaga ideal.

makan sehat di hari lebaran

Tips Makan Sehat di Hari Lebaran

Berikut ini beberapa tips terkait makan sehat di hari lebaran:

  1. Sarapan sehat. Awali pagi hari lebaran dengan menu sarapan sehat. Sangat baik jika memilih sayuran dan telur sebagai menu sarapan karena sayuran mengandung vitamin, protein dan serat yang tinggi. Boleh juga ditambahkan buah-buahan. Ambil porsi sarapan secukupnya, jangan terlalu banyak supaya perut tidak “terkejut”, karena terbiasa puasa selama satu bulan. Bahkan ada ahli gizi yang menyarankan sarapan dengan segelas air dan beberapa butir kurma sebelum berangkat sholat Idul Fitri. Air akan menjaga tubuh tetap terhidrasi, sedangkan kurma kaya serat, pemanis alami, mineral yang bermanfaat  bagi tubuh.
  2. Kontrol pola dan porsi makan. Hari lebaran  identik dengan makanan lezat di mana-mana.yang menggoda kita untuk makan berlebihan. Hal ini sangat tidak menguntungkan bagi tubuh. Harus tetap diingat bahwa pola dan porsi makan tetap terkontrol dengan cara mengambil porsi kecil terutama untuk makanan berkalori tinggi.
  3. Pilih camilan dan hidangan yang sehat. Makan sehat di hari lebaran tidak terlepas dari pemilihan camilan dan hidangan yang sehat. Jika memungkinkan, pilihlah sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan; sebelum menyantap makanan tinggi kalori. Konsumsi sayuran dan buah-buahan akan membantu menyerap dan menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh serta melancarkan sistem pencernaan. Di samping itu juga sangat baik untuk membatasi asupan kalori sekaligus mengontrol dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.
  4. Pilih minuman sehat. Minuman yang paling sehat adalah air putih. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup supaya tubuh terhindar dari dehidrasi. Disarankan juga minum teh hijau karena kandungan antioksidan yang dapat menetralkan racun dan menangkal serangan radikal bebas. Hindari atau batasi minum minuman yang tidak sehat, misalnya minuman bersoda atau minuman yang terlalu manis.

 

Perkenankan segenap Admin Artikel Kesehatan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H – Mohon Maaf Lahir dan Batin.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *