Latihan Barbel untuk Pemula

 

Latihan barbel untuk pemula harus mempunyai dasar-dasar untuk latihan secara intensif yang pada akhirnya mendapatkan bentuk tubuh ideal, sebagaimana yang diharapkan. Latihan barbel adalah salah satu latihan beban yang bertujuan untuk pembentukan tubuh, membentuk otot, menguatkan tulang kuat serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebagaimana olahraga angkat beban lainnya, latihan barbel tergolong cukup sulit dan memiliki resiko cedera yang tinggi, sehingga pemula disarankan untuk berhati-hati. Dan yang lebih penting lagi pemula harus didampingi instruktur yang berpengalaman untuk memberikan arahan.

latihan barbel untuk pemulaKhusus untuk pemula, sebaiknya berlatih menggunakan mesin beban terlebih dahulu, sebelum menggunakan beban bebas. Berlatih menggunakan mesin beban akan meminimalisir resiko cedera karena mesin sudah dirancang sedemikian rupa agar aman dan mencegah pengguna cedera akibat mengangkat beban terlalu berat.

Bila pemula langsung berlatih dengan menggunakan beban bebas dikhawatirkan akan merasakan tekanan pada sendi dan hilang keseimbangan. Akibatnya berisiko tinggi jatuh tertimpa beban yang bisa berakibat fatal.

Sebagaimana binaraga profesional, pemula yang bermaksud untuk berlatih barbel harus mampu menjaga keseimbangan antara berlatih yang tepat, kebutuhan gizi seimbang serta istirahat yang cukup. Latihan barbel untuk pemula harus mampu mengembangkan kekuatan umum dan pengondisian tubuh yang dibutuhkan.

Tahap Awal Latihan Barbel untuk Pemula

Pemula harus berusaha menyelesaikan 2 set dari 10-12 repetisi. Ketika telah mengembangkan kontrol yang cukup dan kekuatan dasar, boleh bereksperimen dengan 1 set dari 6-8 repetisi. Hal ini akan memaksimalkan pertumbuhan otot dan memberi motivasi ke tahap berikutnya.

Mulailah berlatih 4 hari setiap minggu dengan melatih bagian-bagian berikut ini:

  • Hari 1: bisep – punggung – perut
  • Hari 2: paha belakang – bahu – perut
  • Hari 3: paha depan – lengan – betis
  • Hari 4: trisep – dada – perut

Latihan-tahian yang direkomendasikan untuk pemula adalah sebagai berikut:

  • Latihan dada. Latihan bench press yang bertujuan memperkuat otot dada, pundak, serta trisep.
  • Latihan bahu. Berdiri tegak sambil mengangkat bahu kedepan.
  • Latihan trisep. Lying triceps extensions adalah salah satu latihan yang paling merangsang otot trisep yang bekerja mulai dari siku sampai ke latissimus dorsi.
  • Latihan Bisep. Standing curl, EZ standing curl.
  • Latihan lain-lain. Jongkok, terbalik terjatuh, betis naikkan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *