Latihan Aerobik untuk Hidup Sehat

 

Latihan Aerobik yang konsisten dan teratur akan menjaga badan tetap sehat. Latihan aerobik dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan lemak berlebih, mengencangkan tubuh dan mempertahankannya. Ketika Anda melakukan latihan aerobik maka ada dua jenis latihan yang perlu Anda fokuskan, yaitu latihan kardio, dan latihan kekuatan.

latihan aerobikLatihan kardio menargetkan sistem peredaran darah yang membantu sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh, dan peningkatan sirkulasi darah mengarah pada peningkatan jaringan otot sehingga meningkatkan fisik seseorang.

Jenis-jenis latihan kardio adalah sebagai berikut:

  • Sprint Endurance: – Dalam sprint seperti itu, Anda perlu melakukan dua sprint 150 meter dengan selisih 30 detik antara setiap run. Anda harus menyelesaikan proses dalam 20 detik. Ini perlu diikuti oleh tiga menit istirahat.
  • Naik-turun tangga. Dalam latihan kardio jenis ini, Anda perlu berlari menaiki tangga diikuti dengan berjalan menuruni tangga. Ini perlu diulang sebanyak 10 kali dan harus ada jarak 10 detik antara setiap pengulangan.
  • Sled drag.  Dalam jenis latihan ini, Anda perlu memuat kereta luncur dengan berat sekitar 90 kilogram. Kemudian, Anda perlu melakukan sprint sekitar 30 meter. Anda harus membuat 8 pengulangan seperti itu dan di antara mereka Anda perlu beristirahat selama sekitar 30 detik.

Manfaat Latihan Aerobik

Berikut ini adalh beberapa manfaat latihan aerobik:

  1. Meningkatkan daya tahan dan stamina Anda. Awalnya, mungkin terlihat bahwa Anda menderita sakit otot, kelelahan, tetapi begitu Anda menjadikan olahraga sebagai kebiasaan, Anda merasa nyaman karenanya.
  2. Mengurangi stres. Jalan pintas untuk latihan aerobik meningkatkan kadar hormon tertentu dalam darah, menjaga kesehatan yang baik.
  3. Meminimalisir resiko terjadinya penyakit jantung.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.
  5. Memperkuat sendi dan tulang. Peluang terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis sangat berkurang jika Anda berolahraga secara teratur.
  6. Efektif membakar kalori untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan ideal.
  7. Membuat paru-paru dan jantung Anda kuat. Ini memungkinkan seluruh tubuh berfungsi dengan baik. Ini juga membantu meningkatkan umur panjang kehidupan manusia.
  8. Khusus bagi wanita, latihan aerobik mengurangi resiko kanker payudara 3 kali lebih sedikit.
  9. Mencegah hipertensi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *