Langit-langit Mulut Bengkak: Mengapa Bisa Terjadi?

 

Langit-langit mulut terdiri dari lempeng bertulang di bagian depan dan non-tulang pada bagian lunak di belakang. Keduanya berfungsi sebagai penghalang antara rongga mulut dan hidung. Jika suatu saat langit-langit mulut bengkak.biasanya disebabkan karena beberapa penyebab potensial, yang sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya. Dalam kasus yang kurang umum, pembengkakan bisa juga disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. 

Penyebab Langit-langit Mulut Bengkak

langit-langit mulut bengkakBeberapa hal yang dapat menyebabkan langit-langit mulut bengkak adalah sebagai berikut

1. Luka di mulut

Penyebab yang paling umum adalah adanya luka di mulut, misalnya karena sariawan. Sariawan biasa muncul di gusi, pipi bagian dalam, atau bibir. Namun beberapa kasus sariawan dapat muncul di langit-langit mulut yang berpotensi terjadinya pembengkakan.

2. Cedera

Pembengkakan di langit-langit mulut bisa juga karena cedera yang disebabkan oleh makanan keras yang berdampak pada atap mulut, makan atau minum yang terlalu panas, atau terkena goresan bagian makanan yang tajam.

3. Dehidrasi

Dehidrasi akan menyebabkan mulut kering serta ketidakseimbangan elektrolit yang mungkin juga bisa menyebabkan pembengkakan di langit-langit mulut.Dehidrasi biasanya disebabkan karena asupan alkohol yang berlebihan, pengaruh obat-obatan tertentu, kekurangan cairan, keringat berlebihan, atau karena penyakit tertentu.

4. Mucocele

Penumpukan lendir dapat terbentuk di dalam kista kental yang muncul di atap mulut yang disebut mucocele. Mucocele biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya terjadi setelah cedera kecil, seperti luka di atap mulut yang biasanya tidak memerlukan perawatan dan akan sembuh dengan sendirinya.

5. Papiloma

Papiloma adalah sejenis tumor jinak yang menyerang jaringan epitel yang biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, begitu ditemukan dan didiagnosis, orang harus mendapatkan mereka dirawat. Ada kemungkinan bahwa dokter mungkin perlu melakukan pembedahan.

6. Penyebab Lainnya

Meskipun jarang terjadi, langit-langit mulut bengkak kemungkinan disebabkan karena kanker mulut atau virus hepatitis.

Perawatan

Dalam kebanyakan kasus, seseorang dapat merawat sendiri langit-langit mulut bengkak atau menunggu sampai sembuh sendiri. Penyebab umum, seperti akibat makanan/minuman terlalu panas, biasanya akan sembuh dalam beberapa hari. Luka karena sariawan biasanya hilang dengan sendirinya.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin ingin menggunakan obat-obatan untuk membantu mengurangi frekuensi atau tingkat keparahan luka.

Dalam kasus dehidrasi atau ketidakseimbangan elektrolit, orang dapat meningkatkan asupan cairan mereka. Yang terbaik adalah minum minuman non-alkohol, seperti air atau teh herbal. Jika elektrolit terlalu rendah, seseorang dapat mempertimbangkan untuk minum minuman olahraga atau jus untuk membantu mengembalikan keseimbangan.

Dalam kasus di mana seseorang memiliki kondisi yang mendasarinya, mereka harus mencari bantuan medis dari dokter. Pilihan pengobatan untuk kanker dapat mencakup pembedahan, radiasi, atau kemoterapi.

Kapan harus ke dokter?

Meskipun sebagian besar penyebab pembengkakan di atap mulut tidak memerlukan intervensi medis, seseorang harus berbicara dengan dokter dalam beberapa kasus.

Beberapa alasan untuk mengunjungi dokter meliputi:

  • rasa sakit yang tidak segera hilang;
  • pembengkakan berlangsung lebih dari satu minggu; dan
  • pembengkakan yang disertai dengan gejala lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, langit-langit mulut bengkak seharusnya tidak menjadi masalah. Biasanya, seseorang akan melihat pemulihan penuh dalam beberapa hari hingga seminggu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *