Informasi tentang Suplemen Vitamin Prenatal

 

Ketika seorang wanita hamil, itu baik bagi mereka untuk memiliki semua nutrisi yang mereka butuhkan selama kehamilan. Jika diperlukan boleh mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal namun harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi suplemen atau obat-obatan yang memang benar-benar aman untuk kehamilan.

Kebanyakan orang dewasa tidak membutuhkan lebih banyak vitamin. Tetapi kadang-kadang wanita hamil tidak selalu mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan. Tetapi mereka harus sangat berhati-hati untuk tidak mengambil apa pun yang dapat membahayakan.

Misalnya, mereka harus berhati-hati jika hendak mengkonsumsi suplemen vitamin A. Tetapi jika mereka benar-benar membutuhkan vitamin A, mereka harus mencari vitamin A dalam bentuk beta-karoten yang aman bagi ibu hamil. Beta-karoten (β-Karoten) dapat ditemukan pada buah dan sayuran. Dari pada mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal yang mengandung vitamin A yang mungkin beresiko terhadap kehamilan, maka lebih aman untuk mendapatkan beta-karoten dalam buah-buahan dan sayuran.

Adalah ide yang baik bagi wanita hamil untuk mendiskusikan suplemen vitamin prenatal dengan dokter mereka saat pemeriksaan kehamilan. Praktisi dapat memeriksa kebutuhan diet mereka saat ini dan melihat apakah suplemen tersebut diperlukan.

suplemen vitamin prenatalSuplemen vitamin prenatal itu sendiri adalah suplemen vitamin khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Vitamin prenatal mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan ibu dan bayi yang umumnya mengandung tiga zat gizi penting, yaitu asam folat, kalsium dan zat besi. Semua zat bergizi inilah yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan bisa membantu peningkatan saat hamil.

Vitamin ini biasanya untuk perempuan yang mencoba untuk hamil, yang sedang hamil, atau yang sedang menyusui dan mereka harus dimulai sekitar tiga bulan sebelum mencoba untuk hamil untuk membantu memperbaiki kekurangan vitamin atau mineral potensial yang mungkin ada.

Sering kali dokter akan merekomendasikan suplemen vitamin asam folat pada trimester pertama kehamilan wanita. Juga asam folat diresepkan beberapa bulan sebelum hamil. Ini akan membantu fungsi otak bayi.

Manfaat Suplemen Vitamin Prenatal

Berikut ini adalah manfaat vitamin prenatal:

  • Asam Folat. Asam folat sebagai vitamin prenatal berperan untuk sintesis DNA saat pembentukan sel baru, menunjang perkembangan organ tubuh bayi yang sedang berkembang, serta mencegah terjadinya cacat lahir. Ibu hamil disarankan mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat per hari.
  • Zat Besi. Zat besi sangat diperlukan untuk memproduksi hemoglobin (Hb) bagi ibu dan bayi selama kehamilan yang berperan menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh ibu dan bayinya. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, defisiensi besi dan juga menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, atau terlahir prematur. Zat besi dibutuhkan ketika hamil, karena nutrisi ini penting untuk pertumbuhan janin dan plasenta.
  • Kalsium. Kalsium berperan penting untuk pemebentukan tulang, saraf, otot, serta jantung janin. Selain itu, kalsium juga mencegah pengeroposan tulang selama kehamilan dan untuk melancarkan sistem peredaran darah.
  • Vitamin D. Pemberian suplemen vitamin D pada ibu hamil dapat membantu mencegah preeklamsia, yaitu komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan hipertensi serta tanda-tanda kerusakan organ; menunjang kesehatan saraf janin serta mengoptimalkan kadar dan fungsi kalsium pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya.
  • Vitamin E. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas berbahaya, dan berperan penting dalam produksi kolagen. Kolagen itu sendiri adalah protein pembangun yang ditemukan pada tulang rawan, tendon, serta kulit.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *