Informasi tentang Masalah Pencemaran Lingkungan

 

Masalah pencemaran lingkungan secara langsung berpengaruh negatif terhadap kualitas hidup sehat. Seiring dengan meningkatnya populasi, pencemaran meningkat dari hari ke hari dengan kecepatan yang mengkhawatirkan. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya masalah pencemaran ini, yang masing-masing terkait satu dengan lainnya.

3 Macam Masalah Pencemaran Lingkungan

masalah pencemaran lingkunganSecara garis besar, masalah pencemaran lingkungan terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu pencemaran tanah, pencemaran  udara, dan pencemaran air. Berikut ini penjelasan masing-masing:

Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah, atau polusi tanah mengacu pada kondisi ketika sampah dan limbah industri dibuang tanpa didaur ulang dengan benar. Amerika menghasilkan sekitar 250 ton sampah dan hanya 34% di antaranya didaur ulang, dan sisanya dibiarkan ke tempat pembuangan sampah. Terutama di negara-negara berkembang di mana tidak ada sistem pembuangan limbah yang benar akan menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa, misalnya campak dan diare.

Membiarkan sampah begitu saja di tanah sangat berpotensi penyebaran bakteri, virus, dan jamur yang menyebabkan banyak penyakit. Untuk itu sampah harus ditangani dengan benar dengan mendaur ulangnya untuk melindungi tanah agar tidak tercemar.

Pencemaran Udara

Pencemarani udara terjadi ketika komposisi udara terganggu dengan menambahkan hal-hal yang berbeda yang biasanya tidak ada. Jenis yang umum dari mereka adalah partikel yang terjadi akibat pembakaran bahan bakar dan partikel-partikel itu naik di udara, bercampur dengan udara yang kita gunakan untuk bernafas.

Pencemaran Air

Pencemaran air terjadi ketika bahan yang berbeda dari sumber yang berbeda ditambahkan atau dimasukkan ke dalam air. Contohnya adalah bahan kimia yang berbeda, air limbah, logam tertentu (misalnya timah dan merkuri), pupuk dari limpasan pertanian adalah faktor utama pencemaran air.

Pencemaran air adalah masalah dunia. Menurut PBB, 783 juta orang tidak memiliki akses ke air bersih, dan sekitar 2,5 miliar orang tidak memiliki sanitasi yang layak. Pencemaran air ini sangat mempengaruhi kehidupan laut.

Air sangat dibutuhkan untuk kehidupan. Hidup tidak akan ada tanpa adanya air. Tubuh manusia terdiri dari 70% air. Mengetahui informasi penting ini, kami menyadari air tidak boleh tercemar karena air yang tercemar menyebabkan banyak penyakit. Air yang tercemar tidak hanya menyebabkan penyakit pada manusia, tetapi juga mempersulit kehidupan laut.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *