Informasi tentang Gigi Berlubang

 

Gigi berlubang adalah akibat dari kerusakan gigi. Kerusakan gigi itu sendiri sangat dipengaruhi oleh apa yang kita makan, bagaimana merawat gigi kita, dan seberapa banyak fluoride dalam pasta gigi kita. Jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit gigi atau masalah gigi, maka Anda mungkin mewarisinya. Ini sangat umum, karena banyak orang mewarisi masalah gigi yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

gigi berlubangOrang dewasa yang menderita mulut kering lebih berisiko mengalami gigi berlubang, karena kekurangan air liur di mulut. Mulut kering sangat umum, dan biasanya merupakan hasil dari pengobatan, penyakit, dan perawatan radiasi. Perokok juga akan menderita mulut kering, karena tembakau akan menghabiskan air liur di dalam mulut dan meninggalkan apa-apa bagi pengguna untuk menjaga kelembapan mulutnya.

Akibat Gigi Berlubang

Rongga di gigi adalah situasi yang sangat serius. Jika tidak dirawat, dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Ini juga dapat merusak syaraf serta menghasilkan abses. Abses sangat serius, karena menginfeksi ujung akar yang dapat dengan cepat menyebar ke sesuatu yang bahkan lebih serius.

Apa yang dimakan adalah penyumbang besar penyebab gigi berlubang. Jika seseorang makan gula-gula atau minum minuman bersoda, berisiko lebih tinggi terjadinya gigi berlubang. Makanan yang kaya gula atau pati dimakan oleh bakteri yang ditemukan dalam plak, yang akan menghasilkan asam. Asam ini sangat berbahaya bagi gigi, karena dapat makan melalui dentin dan enamel dalam waktu singkat. Jika keadaan ini dibiarkan, asam akan terus makan pada gigi sampai habis,  membuat tidak punya pilihan selain untuk mencabut gigi.

Seiring waktu, enamel akan mulai rusak di bawah permukaan gigi, meskipun permukaan akan tampak baik-baik saja. Setelah asam telah berhasil menggerogoti cukup enamel di bawah permukaan, permukaan akan runtuh, yang menghasilkan rongga. Setelah ini terjadi, jika tidak dirawat, gigi akan terus dimakan dan rongga akan terus menyebar sampai semua gigi habis. Setelah itu enamel akan hilang dan akar gigi akan terbuka. Akar gigi yang terbuka ini yang biasanya menyebabkan rasa sakit gigi.

Rongga kemungkinan besar akan berkembang di lubang-lubang tempat mengunyah di sekitar gigi belakang, di antara gigi; atau di dekat garis gusi. Di mana pun mereka terjadi, cara termudah untuk menemukannya adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan dapat melakukan tindakan apapun untuk mencari tahu seberapa buruk kerusakan yang terjadi dan memberi tahu tindakan terbaiknya. Jika kunjungan ke dokter gigi tepat waktu, maka akan dapat menyelamatkan gigi dan menghentikan gigi berlubang sebelum menyebar ke seluruh gigi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *