Informasi tentang Diet Rendah Karbohidrat

 

Diet rendah karbohidrat merupakan diet yang membatasi asupan karbohidrat sekaligus menambahkan asupan protein dan lemak. Tetapi bahkan jika seseorang tidak mengkonsumsi biji-bijian, sayuran bertepung dan buah-buahan, apakah itu masih akan membantu menurunkan berat badan? Dan sama pentingnya, apakah orang tersebut akan tetap sehat dan apakah hasil penurunan berat badan akan bertahan lama?

Jika seseorang mengurangi konsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian akan berpengaruh negatif pada kualitas kesehatannya. Tubuh membutuhkan nutrisi yang didapatnya dari makanan-makanan penting itu agar tetap sehat. Faktanya, jika semua yang dimakan adalah protein dan lemak, orang akan lebih berisiko terkena penyakit jantung, kanker, dan jenis penyakit lainnya. Tetapi ada cara lainnya agar bisa menjalankan diet rendah karbohidrat sekaligus tetap sehat.

Cara Sehat Diet Rendah Karbohidrat

diet rendah karbohidratSupaya tetap sehat meskipun sedang menjalankan diet rendah karbohidrat adalah dengan mengkonsumsi biji-bijian utuh, bukan biji-bijian olahan seperti nasi putih dan roti putih. Itu adalah karbohidrat kosong, sedangkan biji-bijian sebenarnya bisa membantu menurunkan berat badan. Gantilah nasi dengan nasi merah.

Pilih sayuran berdaun hijau dan brokoli. Sayuran berdaun dipasangkan dengan brokoli akan memberikan nilai gizi yang bagus. Meskipun yang terbaik adalah makan berbagai sayuran, namun tidak salah jika tetap dengan sayuran hijau, bukannya tidak makan sayuran sama sekali.

Tambahkan sedikit buah. Makanlah beberapa buah dari kelompok warna berbeda untuk mendapatkan nutrisi terbaik. Misalnya, makan satu stroberi, sepotong melon, dan segenggam blueberry. Meskipun ini tidak akan menambahkan terlalu banyak karbohidrat ekstra, ini akan membantu Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan.

Telur adalah cara yang bagus untuk menambahkan protein ke dalam makanan Anda karena mereka menawarkan banyak anak atau nutrisi yang sama seperti buah dan sayuran tanpa karbohidrat tinggi. Misalnya, telur memberi omega-3, vitamin A, dan banyak suplemen lainnya. Jika ingin benar-benar berusaha mengikuti diet rendah karbohidrat, hanya makan kuning telur saja.

Jika sama sekali menghilangkan makanan-makanan ini dari daftar diet, hanya untuk menurunkan berat badan dengan cepat, namun mungkin akan menambah berat badan kembali nanti. Ini disebut diet yoyo. Itu karena tubuh Anda akan kekurangan nutrisi selama diet sehingga tubuh membutuhkan makanan dan makan terlalu banyak. Lebih baik untuk memotong makanan yang benar-benar buruk, misalnya junk food, dan sedikit saja mengurangi asupan makanan yang baik untuk Anda, termasuk biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

Hal yang harus dihindari saat menjalankan diet rendah karbohidrat adalah minuman manis, makanan ringan, dan makanan penutup. Penting untuk menyadari bahwa karbohidrat rendah akan menghasilkan penurunan energi. Itu karena tubuh membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan energi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *