Informasi tentang Balneoterapi

 

Balneoterapi mengacu pada perawatan penyakit atau kondisi kesehatan menggunakan perawatan spa atau mandi. Prosesnya mungkin termasuk air hangat atau dingin, dan terapi pijat sering digunakan bersamaan dengan balneoterapi. Air mineral sering digunakan dalam spa karena sifat terapeutiknya dan mengandung banyak mineral seperti silika, belerang, radium, dan selenium yang diserap melalui kulit.

Apa itu Balneoterapi?

Balneoterapi adalah proses pengobatan dengan cara mandi air alam atau air khusus. Dewasa ini, balneoterapi diterapkan pada apa pun yang berhubungan dengan perawatan spa. Termasuk di dalamnya terapi air, mandi spa, mandi uap alami, mandi air panas dan juga beberapa jenis perawatan lumpur panas.

Zat utama dalam air mineral adalah magnesium, kalsium, natrium, serta zat besi; yang seluruhnya bercampur dengan asam untuk membuat klorida, sulfat, karbonat dan sulfida. Unsur-unsur lain termasuk litium, kalium, yodium, mangan, dan bromin. Mandi jarum pinus sangat populer; itu dilakukan dengan menambahkan jarum pinus dan cemara ke air panas. Minyak esensial diserap oleh kulit dan meningkatkan sirkulasi.

Balneoterapi paling populer di Jepang dan Eropa, di mana kelas tentang subjek diajarkan oleh dokter dan perawat. Dokter setuju bahwa pemandian air panas memiliki banyak sifat terapeutik.

Cara Kerja

Mandi di sumber air panas secara progresif meningkatkan suhu tubuh, serta membantu kita melawan bakteri dan virus. Mandi air panas meningkatkan tekanan hidrostatik di dalam tubuh. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi sel tubuh. Peningkatan aliran darah itu sendiri akan membantu menghilangkan racun dengan meningkatkan aliran oksigen ke darah sehingga dapat membawa nutrisi ke jaringan dan organ vital. Mandi di sumber air panas meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu proses pencernaan.

Setidaknya mandi di sumber air panas sebulan sekali akan membantu dalam menormalkan tugas kelenjar endokrin dan fungsi sistem saraf independen. Ketika digunakan secara topikal, air mineral panas telah dikenal untuk mengobati kondisi kulit seperti psoriasis, infeksi jamur, dan dermatitis. Itu juga digunakan untuk menyembuhkan luka dan cedera kulit lainnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *