Herbal untuk Hipertensi yang Harus DIketahui

 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, serta gagal jantung kongestif. Hal ini disebabkan karena hipertensi membuat jantung bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Meskipun banyak obat-obatan medis, namun herbal untuk hipertensi lebih diterima, terutama di negara-negara berkembang. Obat-obatan medis untuk penggunaan jangka panjang biasanya memberikan dampak yang kurang baik.  

Beberapa Tanaman Herbal untuk Hipertensi

herbal untuk hipertensiBerikut ini beberapa herbal yang dipercaya dan terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Bawang Merah

Bawang merah terbukti sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya, ambil 1 (satu) siung bawang merah, kupas dan cuci dengan air sampai bersih kemudian makan dalam bentuk potongan.

2. Bawang Putih

Kandungan nutrisi, antioksidan serta senyawa sulfur yang disebut allicin dalam bawang putih dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dan risiko stroke. Cara mengkonsumsi bawang putih untuk mengatasi hipertensi adalah dikonsumsi mentah. Jika tidak tahan rasanya yang getir, bisa dimakan bersama air putih seperti layaknya makan tablet/kapsul.

3. Kayu Manis

Mengonsumsi kayu manis setiap hari dipercaya efektif menurunkan tekanan darah. Caranya bisa dengan membuat rebusan kayu manis ke dalam 2 gelas air, atau bisa digunakan sebagai campuran bumbu masakan.

4. Daun Alpukat

Cara membuat ramuan herbal untuk mengatasi hipertensi dari daun alpukat adalah dengan merebus daun alpukat dalam air. Bisa juga ditambahkan gula batu untuk memberi rasa manis.

5. Lidah Buaya

Cara mengolah lidah buaya sebagai herbal untuk mengatasi hipertensi adalah dengan memotong dadu lidah buaya, kemudian rendam ke dalam larutan kapur sirih selama 1 (satu) jam. Kemudian rebus lidah buaya tersebut, tambahkan 2 sdm madu murni.

6. Selasih

Selasih dipercaya efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranyapun mudah, cukup menambahkan selasih pada makanan yang akan dikonsumsi.

7. Teh Hijau

Di samping mengandung antioksidan, teh hijau juga terbukti efektif untuk mengatasi hipertensi. Caranya pun mudah cukup diseduh. Jadi, ganti teh Anda dengan teh hijau, di samping nikmat juga sebagai bermanfaat herbal untuk hipertensi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *