Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

 

Setiap wanita mengerti tentang PMS (premenstrual syndrome) atau sindrom pra-menstruasi; yaitu kondisi sebelum wanita menstruasi atau datang bulan. Gejala PMS berpengaruh pada kondisi fisik dan mental yang bersangkutan. Gejala-gejala ini sifatnya alamiah dan terjadi pada setiap wanita dewasa.

Gejala PMS dapat terjadi setelah ovulasi, sekitar dua minggu sebelum dimulainya siklus menstruasi. Selama tiga hingga empat belas hari terakhir dari siklus di mana dapat dirasakan berbagai perubahan dalam tubuh.

Gejala PMSGejala-gejala ini termasuk pembengkakan dan nyeri pada payudara, kenaikan berat badan sementara, muncul jerawat, sakit kepala, mual atau sembelit yang dibarengi diare, peningkatan nafsu makan,  serta mudah haus. Beberapa kasus merasakan keinginan untuk makan makanan, perubahan suasana hati yang tiba-tiba, kelelahan atau susah tidur, gampang dsb.

Gejala-gejala lainnya di antaranya adalah perubahan perilaku, misalnya depresi, stres, merasa kecemasan, cepat menangis, dan sulit konsentrasi. Gejala fisik lainnya juga termasuk pembengkakan di sekitar perut dan badan lemas. Gejala PMS terkadang ringan dan tidak terdeteksi, tapi ada juga yang berat dan sangat jelas terlihat.

Untuk mengantisipasi dapat dilakukan diagnosa untuk mengamati siklus menstruasi dan catat getala-gejala yang mengiringinya. Apabila gejala-gejala itu selalu terjadi saat 2 minggu sebelum atau setelah hari pertama menstruasi, kemungkinan besar itu adalah gejala PMS.

Car Meringankan Gejala PMS

Premenstrual syndrome adalah keadaan alamiah sehingga tidak memerlukan pengobatan dan perawatan tertentu. Makan makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup rasanya sudah cukup membantu mengatasi PMS. Akan lebih bagus dan efektif jika melakukan relaksasi seperti meditasi untuk meredam stres. Pada kondisi yang parah dan harus ke dokter, dokter biasanya akan meresepkan obat antidepresan, obat penenang dan sejenisnya.

Perawatan lain yang membantu mengatasi gejala PMS dan bisa dilakukan di rumah adalah sebagai berikut:

  • Makanlah sedikit-sedikit tapi beberapa kali.
  • Makan dengan kandungan gizi seimbang.
  • Sebelum menstruasi sebaiknya mengurangi konsumsi garam.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah, sayur, atau olahan serealia (misalnya roti).
  • Konsumsi makanan kaya kalsium
  • Berhenti merokok.
  • Hindari minum minuman beralkohol.
  • Batasi minuman berkafein.
  • Olahraga teratur.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *