Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

 

Tidak hanya diderita oleh orang-orang dewasa, gangguan kesehatan mental pada anak juga sering dijumpai. Tidak perlu bahwa ada alasan yang selalu bersifat emosional dan mental, alasan fisik mungkin juga berperan. Penyebab masalah kesehatan mental pada anak-anak bervariasi dan sangat penting untuk dikenali sedini mungkin.

gangguan kesehatan mental pada anakSebagaimana halnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan anak-anak. Perlindungan dan perawatan kesehatan mental ini sangat penting dalam kehidupan setiap anak. Munculnya gangguan terhadap ksehatan mental akan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan mental pada anak. Gangguan kesehatan mental ini dapat menyebabkan anak menderita gangguan hiperaktif, depresi, gangguan makan, dan rasa cemas yang berlebihan.

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

Penyebab utama gangguan kesehatabn mental pada anak adalah karena faktor biologis dan faktor lingkungan. Faktor biologis merupakan kondisi ketidakseimbangan kimia dalam tubuh, genetika dan cedera pada sistem saraf pusat. Sedangkan faktor lingkungan, misalnya menyaksikan dengan mata kepala sendiri peristiwa pembunuhan, pengalaman kekerasan, stres dan bahkan hubungan orang tua yang cerai. Berbagai gejala untuk membantu untuk mengetahui bahwa seorang anak menderita kelainan mental, termasuk perubahan perilaku mental atau fisik, jengkel karena masalah kecil dan bereaksi berlebihan terhadap situasi.

Sangat penting bahwa seorang anak yang menderita gangguan kesehatan mental dirawat tepat waktu. Jika tidak hadir pada waktu yang tepat dapat menyebabkan kegagalan sekolah, penyalahgunaan narkoba, konflik dalam keluarga dan bahkan bunuh diri. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena bantuan tersedia. Ada banyak klinik dan pusat perawatan yang akan membantu merawat anak.

Upaya Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika orang tua tidak menginginkan anaknya menderita masalah seperti itu, pastikan orang tua memberikan perhatian yang cukup. Cinta dan perhatian adalah kebutuhan dasar setiap anak. Orang tua harus menghindari pertengkaran di depan anak.

Jangan biarkan anak-anak menonton film yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka. Arahkan mereka hanya menonton film yang sesuai dengan tingkat usia mereka. Luangkan waktu cukup untuk membahas masalah-masalah anak sehingga tidak ada beban tersisa di hati kecil mereka. hal-hal demikian adalah langkah antisipasi untuk mencegah munculya gangguan kesehatan mental pada anak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *