Fakta tentang Dermatitis Atopik pada Bayi

 

Dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang ditandai dengan rasa gatal, nyeri, kemerahan, dan peradangan. Dermatitis atopik sebenarnya adalah salah satu jenis eksim yang paling umum dan biasa diderita oleh kebanyakan orang. Mempelajari gejala-gejala dan fakta tentang dermatitis atopik pada bayi dapat membantu orang tua menanganinya dengan sedini mungkin.

Dermatitis atopik pada bayi dapat mempengaruhi sebagian besar wajah dan pipi bayi. Biasanya dimulai dengan rasa gatal dan akhirnya dengan peradangan kulit. Jika bayi mengalami eksim dermatitis atopik, maka ia mungkin sensitif atau alergi terhadap makanan tertentu yang baru saja ia makan atau terhadap lingkungan. Ini mungkin juga menunjukkan bahwa bayi akan memiliki alergi dan sensitivitas tertentu di kemudian hari ketika ia tumbuh dewasa.

Tanda Dermatitis Atopik pada Bayi

Begitu tanda pertama dermatitis atopik pada bayi muncul, kemungkinan besar ia akan terpancing untuk menggaruk kulitnya. Ini harus diwaspadai oleh setiap orang tua karena menggaruk bisa berbahaya karena dapat menimbulkan luka pada kulit dan pada akhirnya dapat menimbulkan infeksi yang lebih parah. Untuk menjaga agar bayi tidak terus menggaruk kulitnya, bayi harus dipasangkan penutup tangan, terutama saat malam hari.

Jika bayi merasa gatal dan tidak nyaman, yang pasti bayi akan menangis. Untuk mengurangi rasa gatal serta menjaga bayi tetap merasa nyaman, harus pastikan untuk menjaga kelembaban kulitnya dengan menggunakan pelembab. Pilihlah pelembab organik yang tidak mengandung bahan kimia, minyak atau alkohol. Bahan kimia dan minyak dapat memperburuk dan memperparah sensasi gatal yang dirasakan.

Jika kulit bayi mulai membengkak dan berkeropeng, maka itu mungkin menandakan bahwa serangan dermatitis atopik telah memburuk dan parah. Ketika terjadi penskalaan dan pendarahan yang parah, harus menghubungi dokter kulit sesegera mungkin untuk mencegah kulit bayi terinfeksi lebih parah. Dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan seperti antihistamin oral, krim kortikosteroid dan lotion emolien untuk meringankan rasa gatal pada kulit bayi. Namun, jika khawatir menggunakan beberapa obat berbahan kimia, dapat memilih beberapa obat-obatan alami untuk menyembuhkan dermatitis atopik bayi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *