Efek Samping Daun Afrika

 

Daun afrika (Vernonia amygdalina) sudah sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat itu terutama untuk penyembuhan berbagai penyakit secara alami sehingga meminimalkan penggunaan obat-bat kimiawi. Disamping segudang manfaat, ternyata juga mempunyai efek samping. Dalam uraian di bawah ini kami sampaikan efek samping daun afrika yang harus kita ketahui.

Beberapa Efek Samping Daun Afrika

efek samping daun afrikaBerikut ini adalah beberapa efek samping daun afrika:

  • Dapat menimbulkan gatal. Gatal-gatal yang muncul mirip dengan ketika alergi mengonsumsi makanan laut ataupun jenis makanan lainnya. Namun tidak usah khawatir karena gatal-gatal yang muncul tidak berbahaya serta tidak memebrikan dampak negatif bagi tubuh. Rasa gatal itu adalah bentuk reaksi sistem imun terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh.
  • Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Pembengkakan bisa muncul pada tangan atau kaki, namun tidak terlalu besar. Seperti halnya rasa gatal di atas, pembengkakan yang terjadi karena mengkonsumsi daun afrika juga tidak berbahaya. Hanya saja pembengkakan ini akan mengakibatkan keterbatasan bergerak pengkonsumsinya.
  • Berkurangnya kadar gula darah hingga di bawah normal. Salah satu manfaat daun afrika adalah mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, salah satu efek samping daun afrika adalah berkurangnya kadar gula darah yang juga berbahaya bagi tubuh. Jika konsumsi daun afrika tetap dilakukan maka penurunan kadar gula darah tetap berlanjut dan menyebabkan hipoglikemi, yaitu kondisi kadar gula darah di bawah normal, kurang dari 70 mg/dl.
  • Tidak disarankan untuk ibu hamil dan wanita yang sedang menstruasi. Efek samping yang satu ini memang masih sebatas anggapan banyak orang. Belum ada landasan dan penelitian secara ilmiah. Anggapan itu menyatakan bahwa zat-zat yang terkandung dalam daun afrika akan memperngaruhi sistem reproduksi wanita. Bagi ibu hamil dikhawatirkan akan berakibat kurang baik bagi bayi yang dikandungnya.
  • Rasanya sangat pahit. Bagi yang tidak tahan dengan rasa pahitnya akan menimbulkan rasa mual dan bahkan muntah. Jika memang tidak tahan dengan rasa pahitnya, sebaiknya pertimbangkan untuk mengkonsumsi daun afrika,


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *