Diet Ketogenik untuk Diabetes Tipe 2

 

Amankah diet ketogenik untuk diabetes tipe 2? Makanan yang direkomendasikan untuk orang dengan gula darah tinggi mendorong penurunan berat badan: Menu pada diet ketogenik memiliki jumlah lemak yang tinggi dan rendah karbohidrat. Hal ini sedikit membingungkan, bagaimana diet tinggi lemak seperti itu merupakan pilihan untuk mengurangi kadar gula darah.

diet ketogenikDiet ketogenik, atau biasa disebut sebagai diet keto; menekankan untuk membatasi asupan karbohidrat sekaligus meningkatkan asupan lemak dan protein. Tubuh kemudian malakukan proses ketosis, yaitu memecah lemak yang masuk dan menghasilkan sumber bahan bakar yang disebut keton. Biasanya, diet meningkatkan kadar gula darah sambil mengurangi kebutuhan tubuh akan insulin. Diet ini awalnya dikembangkan untuk pengobatan epilepsi. Akan tetapi dengan melihat jenis menu makanannya sedang dipelajari kemungkinan diet ketogenik untuk diabetes tipe 2.

Perencanaan Diet Ketogenik

Diet ketogenik sangat ketat. Ttetapi jika jalankan dengan benar dapat memberikan nutrisi yang bergizi dan menyehatkan. Penderita diabetes tipe 2 sering disarankan untuk fokus pada rencana diet ini karena terdiri dari campuran makanan rendah karbohidrat, kadar lemak tinggi, dan protein sedang. Hal ini juga penting karena menghindari makanan olahan yang kurang sehat.

Bagaimana Efektifitas Diet Ketogenik untuk Diabetes Tipe 2?

Journal of Obesity and Eating Disorders (2016) menerbitkan ulasan yang menyatakan bahwa diet keto dapat membantu penderita diabetes dengan meningkatkan hasil test hemoglobin A1C . Hasil  ini lebih baik daripada diet kalori.

Orang dengan diabetes tipe 2 mempunyai kadar gula darah yang tinggi dan tidak stabil. Diet keto akan membantu mereka dengan membiarkan tubuh menjaga kadar gula darah mereka pada tingkat kesehatan yang rendah.

Diet ketogenik menekankan pada konsumsi lebih banyak protein dan lemak. Hal ini akan  membuat merasa kurang lapar dan karenanya menyebabkan penurunan berat badan. Protein dan lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sekaligus membantu menjaga tingkat energi tetap tinggi.

Dengan demikian, manfaat diet ketogenik untuk diabetes tipe 2 adalah:

  • menurunkan kadar gula darah;
  • meningkatkan sensitivitas insulin; dan
  • mengurangi ketergantungan pada obat kimiawi.

Disklaimer:

Diet ketogenik memang memberikan manfaat positif bagi penderita diabetes tipe 2. Namun sangat disarankan, sebelum menjalankan diet ini sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *