Diet Golongan Darah AB

 

Diet golongan darah AB adalah menu diet yang menitikberatkan pada makanan laut, susu, tahu, serta sayuran berwarna hijau. Hal ini disebabkan karena kondisi fisik golongan darah AB memiliki asam lambung yang cenderung rendah. Sistem pencernaannya bersifat sensitif dan mudah dipengaruhi. Sistem kekebalan tubuh golongan darah AB rentan terhadap semua mikroba dan parasit. Mereka lebih beresiko terserang penyakit kardiovaskular dan anemia.

diet golongan darah ABMenu makanan yang disarankan untuk diet golongan darah AB adalah ikan, sayuran hijau, buah-buahan, susu rendah lemak, biji-bijian dan kacang-kacangan. Disarankan juga untuk menambahkan daging ikan salmon, minyak zaitun, brokoli, buah persik, buah ara, jahe, bawang putih, peterseli dan teh hijau.

Sebaiknya pemilik golongan darah AB menghindari makan daging ayam, buncis, kacang hitam, jagung, alpukat, sereal, minyak bunga matahari serta lidah buaya. Hindari juga daging asap dan daging olahan, minuman berkafein, serta minuman beralkohol.Jika diet bertujuan untuk menurunkan berat badan, hendaknya juga menghindari mengonsumsi makanan yang diproses atau karbohidrat sederhana

Untuk meningkatkan efektifitasnya, diet harus juga dibarengi  dengan olahraga secara teratur. Olahraga yang disarankan diantaranya adalah seperti mendaki gunung, olahraga pernafasan, bersepeda, dan tenis.

Tabel Makanan Diet Golongan Darah AB

JENIS MAKANANSANGAT DISARANKANDIPERBOLEHKANTIDAK DIPERBOLEHKAN
Daging dan unggasDomba, kambing, kelinci, kalkunSemua jenis kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkanDaging sapi, ayam, ayam cornish, bebek, angsa, babi, ayam hutan, daging sapi muda, daging rusa, burung puyuh
Makanan laut (seafood)Ikan tuna, ikan cod, ikan kerapu, ikan mackerel, kakap merah, sarden.Semua jenis seafood kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkanKerang, kepiting, udang, lobster, tiram, ikan teri, ikan barakuda, belut, katak, gurita, kura-kura.
SusuYogurt, kefir, susu tanpa lemak, mozzarella, keju, susu kambing.Semua jenis susu kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkan.American cheese, blue cheese, buttermilk, es krim, parmesan, provolone, serbat, susu murni.
MinyakMinyak zaitun-Minyak jagung, minyak biji kapas, minyak wijen, minyak bunga matahari.
Kacang-kacanganKacang dan kenariSemua jenis kacang-kacangan kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkan. Golongan darah AB cenderung menderita masalah kandung empedu sehingga minyak kacang lebih sarankan daripada kacang utuh.Biji labu, biji wijen, biji bunga matahari.
Kacang polongLentil, kacang merah, kedelai.--
Biji-bijianOatmeal, dedak beras, beras, gandum hitam, speltand sprouted wheat dan produk apa pun seperti tepung, roti dan mie yang dibuat dengan produk biji-bijian ini. Semua jenis kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkan.Jagung dan produk olahannya, kamut, kasha, mie soba, pasta artichoke.
Sayur-sayuranBrokoli, bit, kembang kol, seledri, sayuran berdaun hijau, mentimun, terong, bawang putih, jamur maitake, peterseli, kentang manis, kecambah alfalfa, tempe, tahu, semua jenis ubi.
Sayuran segar merupakan sumber penting fitokimia yang memiliki efek tonik untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.
Semua jenis sayur-sayuran kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkan.Alpukat, zaitun hitam, semua jenis paprika, lobak, tauge hijau.
Buah-buahanSemua jenis anggur, plum, semua jenis berry, ceri, nanas, lemon dan kiwi.
Semua jenis buah-buahan kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkan.Mangga, jambu biji, pisang dan jeruk.
Rempah-rempahRumput laut, miso, kari, bawang putih.Semua jenis kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkan.Ekstrak almond, adas manis, barley malt, caper, tepung jagung, sirup jagung, gelatin, tapioka, cuka, lada putih, lada hitam, dan cabe rawit.
MinumanAlfalfa, burdock, chamomile, echinacea, teh hijau hawthorn, licorice, anggur merah, akar burdock, daun strawberry, dan kopi tanpa kafein.Semua jenis kecuali yang terdaftar sebagai tidak diperbolehkan.Minuman beralkohol, minuman bersoda dan teh hitam.

Efektifitas Diet Golongan Darah

Hingga saat ini tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa diet sesuai golongan darah, termasuk golongan darah AB; memberikan efek secara signifikan. Menurut para ahli gizi, golongan darah tidak ada korelasinya dengan kesehatan seseorang; termasuk di dalamnya diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Jika pun ada orang yang berhasil menurunkan berat badan setelah menjalani diet golongan darah, hal ini diyakini lebih disebabkan oleh faktor lain yang memang mendukung keberhasilan dietnya.

Diet berdasarkan golongan darah hanya dapat dijalankan jika seseorang dalam kondisi sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan tertentu. Untuk memastikan apakah diet ini dapat bermanfaat dan sesuai sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut pada ahi gizi. Hal ini dimaksudkan agar diet yang dilakukan tidak memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *