Diet Diabetes Untuk Vegetarian

 

Diet diabetes untuk vegetarian adalah diet diabets yang diperuntukkan bagi vegertarian. Dalam beberapa kasus, diet vegetarian mungkin merupakan cara yang sehat untuk menjaga kadar gula darah. Tingkat glukosa akan stabil

Pada dasarnya pola makan vegetarian itu sendiri telah terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes, di mana penurunan berat badan seringkali merupakan cara paling efektif untuk mengelola kondisi tersebut. Diet diabetes untuk vegetarian mengandung lebih sedikit kalori dan dapat membantu mempertahankan berat badan ideal sekaligus menjaga kadar gula darah.

diet diabetes untuk vegetarianKarena banyak vegetarian makan lebih banyak buah dan sayuran dalam sehari daripada non-vegetarian maka asupan serat mereka juga jauh lebih tinggi. Jumlah peningkatan serat dalam diet diabetes dapat membantu gula darah karena memperlambat proses karbohidrat yang dicerna tubuh. Pola makan vegetarian biasanya juga rendah kolesterol dan itu dapat membantu menangkal penyakit kardiovaskular termasuk serangan jantung dan stroke.

Beberapa Manfaat Diet Diabetes untuk Vegetarian

Jika seorang vegetarian sekaligus sedang mempertimbangkan untuk menerapkan diet diabetes untuk vegeriran, manfaatnya terpentingnya adalah proses penurunan berat badan lebih cepat sekaligus kadar gula darah tetap terjaga. Namun harus dicatat, banyak  jenis makanan vegetarian mengandung kadar gula yang tinggi, yang berpotensi meningkatkan berat badan.

Untuk hasil dan manfaat yang maksimal, sebaiknya konsultasi ahli gizi terlebih dahulu. Ini penting karena juga harus dipertimbangkan bahwa tubuh perlu mendapatkan asupan protein yang cukup dalam sehari. Ada banyak sumber protein nabati yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein, misalnya kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk kacang mete, kacang tanah, almond, dsb. Kacang-kacangan yang dimaksud misalnya misalnya kacang tanah, buncis, lentil, dsb. Protein nabati bisa juga diperoleh dari produk kedelai, antara lain tahu, tempe dan susu kedelai.

Dalam aturan diet manapun, porsi makan tetap sangat penting. Hal ini diperlukan untuk selalu mencari nilai indeks glikemik (GI) rendah dan memilih makanan yang kaya serat. GI adalah ukuran seberapa cepat karbohidrat diserap dan semakin cepat karbohidrat diserap, semakin tinggi nilai GI. Melakukan hal ini dapat membantu dalam mengelola diabetes sekaligus mengontrol berat badan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *