Ciri-ciri Asam Lambung Naik

 

Naiknya asam lambung adalah kondisi gangguan lambung yang lazim dirasakan oleh hampir semua orang. Penyakit ini terjadi karena gangguan pada lambung yang disebabkan naiknya asam lambung. Jika kelebihan asam lambung terjadi dalam waktu yang lama akan mengakibatkan peradangan lambung dan usus. Untuk itu kita perlu tahu ciri-ciri asam lambung naik agar bisa mengambil langkah pencegahan.

Dalam dunia kedokteran, peristiwa asam lambung naik ini disebut sebagai Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD. Hal ini bisa terjadi asam lambung dengan tingkat keasaman yang tinggi akan naik sampai ke kerongkongan. Banyak orang mengira bahwa asam lambung naik adalah sakit lambung biasa. Jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan komplikasi dan penyakit yang lebih serius, misalnya penyempitan kerongkongan, peradangan hingga esofagus.

ciri asam lambung naikAsam lambung naik juga dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan yang kemudian menyebabkan terjadinya penyakit Barrett’s esophagus, yaitu suatu kondisi sel-sel pada permukaan kerongkongan terlihat seperti sel-sel yang membentuk usus. Asam lambung yang tinggi dapat juga menyebar ke gigi yang menyebabkan erosi gigi; tenggorokan, sinus (sinusitis), pita suara (laringitis), saluran pernafasan bawah bahkan sampai paru-paru dan menyebabkan fibrosis paru idiopatik.

Penyebab Asam Lambung Naik

Penyebab utama naiknya kadar asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur serta lambannya proses pengosongan lambung. hal-hal lainnya dapat memperburuk asam lambung naik adalah merokok, makan makanan dalam porsi banyak sekaligus, telat makan pada malam hari, banyak mengkonsumsi makanan berlemak, minum minuman beralkohol, kopi, serta obat-obatan tertentu.

Ciri-ciri

Berikut ini beberapa ciri-ciri asam lambung naik:

  • Mulut terasa pahit dan air liur berlebih. Ini adalah ciri-ciri awal asam lambung mulai naik.
  • Ada rasa sensasi panas terbakar di bagian dada. Sensasi terbakar ini terkadang sampai ke tenggorkan.
  • Perus kembung dan sering bersendawa. Bersendawa merupakan reaksi spontan jika perut mulai kembung. Perut kembung sendiri adalah akibat kadar asam lambung yang tinggi dan kurangnya enzim pada alat pencernaan.
  • Mengalami regurgitasi yaitu adanya makanan atau cairan asam yang terasa berbalik arah dari perut ke tenggorokan.
  • Sering sakit kepala. Sakit kepala disebabkan tekanan asam lambung yang menghasilkan angin di bagiAan lambung dan menekan ke dada hingga ke kepala, yang menyebabkan suplai oksigen ke kepala berkurang.

Pengobatan dan Perawatan

Cara yang paling tepat adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Dokter akan meresepkan obat-obatan yang menetralkan asam lambung dan menurunkannya. Dan hal yang tidak kalah pentingnya adalah makan teratur, terutama jika dirasakan ciri-ciri asam lambung naik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *