Cara Meredakan Demam pada Anak

 

Cara meredakan demam pada anak adalah hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang tua. Demam tinggi pada anak-anak sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kejang. Untuk mengatasinya, anak-anak hanya boleh diberikan acetaminophen atau menggunakan kompres dingin/hangat. Tanyakan kepada dokter tentang cara terbaik untuk menangani demam anak Anda.

Beberapa Cara Meredakan Demam pada Anak

Demam pada anak akibat toksisitas dalam darah dan bisa naik hingga sekitar 39° C. Tetapi biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Ketika toksin terkalahkan oleh daya tahan tubuh, demam akan hilang. Jenis demam ini biasanya lebih lambat meningkat dan didahului oleh pasien merasa lebih buruk. Biasanya dibarengi dengan sakit kepala, dan mual-mual. Jenis demam ini biasanya dibantu oleh pembilasan usus atau enema dan hanya perlu minum air dengan lemon atau perasan jeruk nipis selama beberapa hari.

cara meredakan demam pada anakYang paling dibutuhkan oleh anak ketika demam adalah asupan cairan agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Makanan perlu diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sangat disarankan makanan berkuah, misalnya sup ayam. Boleh juga minum air lemon atau jus jeruk nipis supaya lapisan lendir yang menumpuk di dinding usus dapat larut, membersihkan pori-pori usus, tempat cairan getah bening seharusnya mengalir keluar.

Ketika cairan getah bening kita menjadi penuh dengan racun dan puing-puing itu menjadi seperti lem dan berhenti mampu merespons dengan tepat untuk organisme menular. Jika cairan tidak mampu mengalir keluar dan terus bersirkulasi, ia menjadi lamban dan menyumbat seluruh sistem. Pada titik tertentu tubuh kemudian perlu membakar racun, yang tidak lagi dikeluarkan dari aliran darah. Demam adalah jawaban tubuh untuk masalah ini.

Cara meredakan demam pada anak dengan memberikan aspirin akan mengganggu kerja alami tubuh dan menambahkan lebih banyak racun ke dalam darah. Tentu, itu bisa menghentikan demam, tetapi si anak tidak akan merasa lebih baik dan masalahnya tidak hilang. Demam tinggi memang sangat tidak nyaman dan berbahaya bagi otak jika terlalu tinggi. Supaya terasa nyaman boleh dikompres dingin pada kepala; yang membantu menjaga otak tetap dingin dan mengurangi sakit kepala yang menyertai demam. Jika ragu, tanyakan kepada dokter anak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *